• Home »
  • Article »
  • Kecil-Kecil Cabe Rawit, Ini Dia Motor Enduro Sherco 50 SE-R Versi 2020

Kecil-Kecil Cabe Rawit, Ini Dia Motor Enduro Sherco 50 SE-R Versi 2020

Brand motor asal Perancis, Sherco, ternyata nggak cuma peduli dengan segmen motor trail untuk dewasa. Ternyata Sherco juga merilis motor trail untuk para pemula dengan kapasitas mesin yang sangat kecil, hanya 50 cc!! Meskipun ukuran mesinnya sangat kecil, tapi faktanya motor trail ini memiliki ukuran yang normal. Nggak jauh beda dengan ukuran motor trail untuk dewasa. Spesifikasi yang diberikan pun nggak main-main. Yuk check this out!!

Nama motor trail bermesin kecil yang dikeluarkan oleh brand asal Perancis adalah Sherco 50 SE-R model year 2020. Motor ini mengusung mesin 49,7 cc 2-tak yang dipadu dengan sistem pembakaran karburator buatan Dell’Orto dan gearbox dengan transmisi manual 6-speed. Tapi sayangnya motor ini masih belum dilengkapi dengan sistem electric starter, sehingga untuk menghidupkannya masih mengandalkan kick starter. Terus sasis terbuat dari bahan chromoly yang sangat ringan, exhaust dari bahan aluminium, kapasitas tangki BBM 7 liter, suspensi depan model teleskopik 37 mm, dan suspensi belakang mono shock tanpa linkage.

Asyiknya Sherco 50 SE-R pakai ban full size 18-21 inch yang membuatnya nggak cuma tampak jangkung, tapi memang benar-benar jangkung. Nggak percaya? Ketinggian jok motor ini adalah 910 mm, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan KLX150 BF atau CRF150L, sedangkan ground clearance-nya tembus 300 mm. Dengan kondisi itu mestinya Sherco 50 SE-R model year 2020 cukup leluasa dipakai di medan off-road tanpa khawatir nyangkut. Dimensinya pun lumayan pas buat para bule-bule muda.

Nah, selain mengeluarkan Sherco SE-R standar model year 2020, Sherco juga merilis versi racing dengan nama Sherco 50 SE-RS. Perbedaan yang mencolok di antara keduanya adalah pada versi R menggunakan suspensi depan upside down 41 mm dan dibekali tapered handlebar. Selebihnya sama persis baik itu dari sisi spesifikasi dan fitur. Di luar Sherco 50 SE-R dan Sherco 50 SE-RS, Sherco merilis versi supermoto dengan ban ring 17-17 inch. Lagi-lagi spesifikasinya sama saja. Cuma bannya yang beda. Apakah motor-motor ini bakal masuk ke Indonesia? Saya rasa sih nggak. Kenapa? Karena walaupun mesinnya kecil namun diperkirakan kalau masuk ke Indonesia harganya nggak akan murah.

Advertisements