KTM Terpantau Persiapkan Motor Adventure Seperempat Liter

Selama ini KTM dikenal hanya memiliki deretan motor adventure dengan kapasitas mesin besar. Sebut saja ada KTM 1290 Super Adventure series, KTM 1050 Adventure series, dan yang paling kecil adalah KTM 790 Adventure series. Tapi dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, kemungkinan November 2019 di EICMA, KTM akan memperkenalkan motor petualang baru bernama KTM 390 Adventure. Spy shot prototipe KTM 390 Adventure yang sedang dites sudah sering terpantau di jalanan India. Kenapa kok India? Ya karena India memang menjadi basis produksi street bike KTM dengan kapasitas mesin 125/200/250/390, nggak terkecuali KTM 390 Adventure nanti. Soalnya basis mesin yang dipakai oleh KTM 390 Adventure juga nggak akan jauh beda dengan milik KTM 390 Duke dan KTM RC 390. Belum puas sampai di situ, KTM ternyata ketahuan juga sedang mempersiapkan KTM 250 Adventure!

Lagi-lagi spy shot motor yang diduga kuat sebagai KTM 250 Adventure itu terpantau sedang dites di jalanan India dengan kamuflase yang sangat berat untuk menyamarkan wujud aslinya. Spy shot dikeluarkan oleh Powerdrift yang meyakini itu adalah sosok KTM 390 Adventure, sedangkan media India lainnya, Zigwheels, menggunakan spy shot ini untuk mengungkapkan sejumlah kesimpulan yang berbeda. Zigwheels berspekulasi bahwa motor yang disamarkan wujudnya itu bukanlah KTM 390 Adventure yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, melainkan KTM 250 Adventure. Secara desain keduanya memang mirip, namun tetap ada perbedaan terutama di bagian fitur.

Spy shot motor aneh yang desainnya mirip dengan spy shot KTM 390 Adventure itu menggunakan lampu depan model bulb atau bohlam biasa, sedangkan pada spy shot KTM 390 Adventure yang sudah nongol lebih dulu pakai lampu depan LED. Kemudian versi 390 pakai suspensi depan upside down yang sudah bersifat full adjustable, sementara spy shot motor baru ini suspensinya non-adjustable. Ciri-ciri lainnya adalah pada motor baru menggunakan ban belakang 17 inch dan ban depan 19 inch, canister exhaust direvisi agar comply dengan standar regulasi emisi Euro 5, dan konsol dashboard sudah menggunakan layar TFT. Ada peluang dashboard ini bisa terhubung ke mobile phone via Bluetooth .

Kalau memang benar KTM 250 Adventure sedang disiapkan, tentu ini menjadi kabar bagus buat konsumen di Indonesia. Adanya PPN BM untuk motor di atas 250 cc membuat harga KTM 390 Adventure kurang rasional. Paling pas dari segi harga untuk market Indonesia memang maksimal 250 cc, dan untuk motor petualang jawabannya adalah KTM 250 Adventure. Misal jadi diproduksi, hampir bisa dipastikan motor ini masuk ke Indonesia lewat PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) dan pasti harganya sangat rasional! Masalahnya kapan? Banyak yang menilai KTM 250 Adventure kemungkinan baru akan diperkenalkan pada tahun 2020, mungkin saja di EICMA 2020.

Advertisements