Karena Masalah Sepele, Honda Recall Ribuan CRF450L

Sekitar setahun yang lalu Honda secara resmi meluncurkan motor dual sport anyar dengan kapasitas mesin 450 cc. Namanya adalah Honda CRF450L. Bisa dibilang ini adalah terobosan baru dari Honda di segmen motor dual sport. Kenapa? Karena biasanya Honda menempuh jalan panjang dan rumit ketika membangun motor dual sport. Tapi itu nggak berlaku bagi CRF450L lantaran motor tersebut dibangun dari basis mesin, sasis, dan suspensi yang sama dengan motor motocross CRF450R. Tentunya dengan sejumlah penyesuaian biar motor tersebut punya power delivery lebih bersahabat, setelan suspensi yang lebih enak buat melibas medan on-road dan off-road, agar comply dengan regulasi emisi terbaru, dan supaya interval service lebih panjang. Maklum CRF450L adalah motor dual sport yang sangat mungkin dipakai harian. Jadi motor ini harus punya jarak servis yang lebih panjang daripada motor kompetisi motocross dan ini juga bertujuan agar maintenance cost lebih bersahabat.

Sejauh ini CRF450L sudah dijual ke berbagai belahan dunia. Namun market terbesar bagi CRF450L adalah Amerika Serikat. Di sana CRF450L tergolong laris-manis. Tapi sialnya Honda baru saja mengumumkan recall atau penarikan kembali terhadap CRF450L yang sudah berada di tangan konsumen. Jumlahnya pun nggak tanggung-tanggung, tembus lebih dari 4.000 unit yang kena kampanye recall. Uniknya alasan recall sangat sepele, yaitu karena masalah klakson!! Kok bisa?

Jadi Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) menemukan bahwa material yang digunakan untuk memasang klakson tidak memenuhi standar spesifikasi sehingga mudah pecah. Imbasnya klakson berpotensi lepas dan jatuh ketika dipakai di jalan raya maupun off-road. Kalau klakson terjatuh sangat mungkin mengganggu konsenstrasi pengendara, membuat handling tidak terkontrol, dan serpihan klakson yang berceceran di jalan raya juga berpotensi menimbulkan kecelakaan bagi kendaraan lain. Makanya NHTSA merekomendasikan recall CRF450L kepada Honda Amerika. Sepele tapi begitu diperhatikan ya masalah safety gini di Negeri Paman Sam.

Total motor yang terkena dampak recall sebanyak 4.348 unit. Lumayan banyak juga ya? Rencananya also recall akan dimulai pada 2 Desember 2019, di mana seluruh pemilik CRF450L yang motornya kena dampak masalah bisa membawa ke dealer Honda terdekat. Honda bakal mengganti klakson dan biaya pemasangan secara gratis. Nggak dipungut biaya apapun. Namun sejauh ini recall baru terjadi di Amerika Serikat. Belum ada informasi apakah masalah serupa terjadi pada CRF450L. Di Indonesia sendiri CRF450L belum dijual resmi oleh ATPM. Jadi aman karena belum ada yang punya. Hehehe

Advertisements