FIM Umumkan Kalender Balap Rally Dunia 2020, Total Ada Lima Seri

Selamat pagi mas bro sekalian. Kali ini ada kabar baru dari ajang balap rally dunia atau yang dikenal dengan sebutan FIM Cross-Country Rallies World Championship. FIM telah mengumumkan kalender atau jadwal kejuaraan rally dunia tahun 2020, di mana untuk tahun depan jumlahnya ada lima seri. Artinya jumlah seri tahun depan akan lebih banyak dibandingkan dengan tahun ini yang cuma digelar sebanyak empat seri. Otomatis dengan semakin banyak seri kompetisi akan semakin lebih ketat dan membuka peluang jawara baru!

Seperti yang sudah-sudah, kejuaraan dunia rally 2020 akan dibuka dari Uni Emirates Arab melalui Abu Dhabi Dessert Challenge, dilanjutkan dengan seri kedua di Rally Kazakhstan yang notabene menjadi lokasi baru pada tahun depan. Silk Way Rally yang digelar dari Russia hingga China pada tahun 2019 ini masih tetap dipertahankan pada tahun 2020. Bisa dibilang Silk Way Rally merupakan seri yang paling berat dengan etape dan jarak tempuh paling panjang dibandingkan dengan seri-seri yang lain. Pada seri keempat, FIM Cross-Country Rallies World Championship 2020 bergeser ke Brazil yang mengandalkan Rally dos Sertoes, lalu ditutup oleh Rally of Morocco di Maroko.

Itu tadi kalender fixed yang ada untuk kejuaraan dunia rally 2020. Menariknya ada informasi juga pada tahun 2021 mendatang Rally Dakar yang selama ini menjadi ajang balap rally paling ekstrem, paling melelahkan, dan paling bergengsi di dunia, bahkan gengsinya melebihi kejuaraan dunia, bakal masuk ke kalender FIM Cross-Country Rallies World Championship 2021 sebagai seri pembuka. Semoga saja kabar itu benar, dan FIM bisa merangkul ajang balap rally paling beken sejagad masuk ke dalam kalender kejuaraan dunia rally.

Kalender FIM Cross-Country Rallies World Championship 2020:

  • Abu Dhabi Dessert Challenge (Abu Dhabi/UEA)
  • Rally Kazakhstan (Kazakhstan)
  • Silk Way Rally (Russia, Mongolia, China)
  • Rally dos Sertoes (Brazil)
  • Rally of Morocco (Maroko)
Advertisements