Intip Spesifikasi Motor Bebek Retro Bergaya Trail Honda CT125

Rumor yang selama ini beredar ternyata benar. Ya, Honda akhirnya memajang motor bebek retro dengan gaya trail atau off-road yang kuat bernama CT125 di ajang pameran Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Motor yang sangat nyentrik ini ditempatkan di sebuah sudut booth Honda yang bagian bawah booth motor CT125 diberi bebatuan untuk memperkuat kesan off-road pada motor tersebut. Terus gimana dengan spesifikasi CT125?

Menurut saya desain CT125 memang sangat keren dan out of the box. Aura bebek retro ya masih tetap ada dengan lampu-lampu dan konsol speedometer yang serba bulat, tapi juga punya aura off-road yang kuat. Temen-temen bisa lihat di bagian ban yang pakai model semi trail, stang tinggi, dan knalpot yang menjulang tinggi di sebelah kanan kayaknya motor trail. Joknya sendiri pakai model tunggal karena bagian belakang jok difungsikan sebagai rak untuk membawa kargo atau barang. Kemudian suspensi depan pakai model teleskopik yang dibalut dengan pelindung karet khas motor trail jadul dan suspensi belakang pakai double shock.

Untuk sektor mesin, ternyata CT125 saling berbagi mesin dengan C125 Super Cub dan Monkey 125. Mereka sama-sama pakai mesin 124 cc SOHC, 4-tak, 2-klep, dan berpendingin udara. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga yang minimalis sebesar 9,65 PS dan torsi sebesar 10,4 Nm. Memang tenaganya kecil. Namun nilai jual utama produk ini memang bukan dari sisi performa, melainkan desain yang unik, long lasting, dan bersejarah karena Honda di masa lampau pernah merilis motor yang mirip-mirip dengan CT125. Oh ya, walaupun spesifikasi mesin sederhana, tapi CT125 sudah pakai sistem pembakaran injeksi kok. Teknologi kekinian lainnya yang ada pada CT125 adalah sudah pakai rem cakram depan dan belakang lengkap dengan sistem ABS single channel.

Apakah CT125 bakal dijual di Indonesia? Kalau melihat gelagat PT Astra Honda Motor (AHM) yang belakangan mau jualan motor aneh-aneh seperti C125 Super Cub dan Monkey 125, bukan mustahil CT125 di masa depan akan menyusul kedua saudaranya itu untuk dijual di Indonesia. Tapi temen-temen jangan berharap CT125 dijual murah. Pasti harganya lumayan mahal seperti C125 dan Monkey 125 yang tembus di atas Rp 50 juta. Motor kayak gini sih cocoknya buat koleksi. Eman aja kalau dipakai harian. Hehehe.

Advertisements