• Home »
  • Article »
  • Sadiiiiss!! Harga Husky 701 Enduro Terbaru Setara 10 Unit KLX150…

Sadiiiiss!! Harga Husky 701 Enduro Terbaru Setara 10 Unit KLX150…

Bagi penggemar motor dual sport pasti nggak asing dengan yang namanya Husqvarna 701 Enduro. Maklum Husky 701 Enduro tergolong sebagai motor dual sport idaman bagi siapapun karena punya kapasitas mesin yang gede (690 cc), performa jelas mantaap, namun tetap punya aura off-road yang sangat kuat. Selama bertahun-tahun Husky 701 Enduro dan saudaranya Husky 701 Supermoto hanya dijual off the road di Indonesia. Padahal sebagai motor dual sport sudah semestinya Husky 701 Enduro bisa dipakai atau legal dikendarai di jalan raya. Tapi sekarang ada kabar bagus nih, Husky 701 Enduro dan Supermoto sudah bisa dibeli on the road lengkap dengan surat-surat!

Dari segi spesifikasi Husky 701 Enduro memang menggoda. Nggak percaya? Yups, motor ini dibekali mesin 690 cc satu silinder 4-tak berpendingin radiator yang mampu memuntahkan tenaga sekitar 74 HP. Yakin deh jaman sekarang jarang banget ada motor dual sport bermesin big single seperti Husky 701 Enduro. Kalaupun ada itu datang dari saudaranya Husky, yaitu KTM 690 Enduro R. Jadi dari segi mesinnya sendiri sudah unik. Kemudian Husky 701 Enduro punya desain yang sangat keren, gagah, dan ramping khas motor trail tulen lengkap dengan suspensi depan upside down dan suspensi belakang mono shock dengan linkage. Penggunaan ban dual purpose dengan ring 18-21 inch semakin memperkuat unsur off-road pada motor ini. Keunikan lainnya adalah tutup tangki bahan bakar ada di belakang jok, bukan di depan jok seperti normalnya motor dual sport. Menariknya lagi, Husky 701 Enduro sangat gampang dimodifikasi ala motor rally. Banyak rally kit untuk Husky 701 Enduro di pasaran.

Dulu waktu hanya dijual dalam bentuk off the road tanpa surat-surat, Husky 701 Enduro dibandrol sekitar Rp 200 juta lebih sedikit. Saya lupa berapa persisnya. Kalau nggak salah sekitar Rp 205-215 juta. Gimana dengan sekarang? Karya Indah Motor yang menjadi salah satu dealer resmi Husqvarna di Indonesia ternyata sudah merilis harga Husky 701 Enduro yang terbaru. Tapi sialnya harga Husky 701 Enduro terkerek sangat fantastis. Sekarang Husky 701 Enduro dijual resmi dengan harga Rp 311,3 juta on the road sudah termasuk surat-surat. Harga ini  bisa setara dengan 10 unit Kawasaki KLX150. Sadis kan? Kenapa harganya beda sangat signifikan dibandingkan dengan harga off the road? Yang jelas karena skema perpajakan di Indonesia kurang bersahabat kepada motor berkapasitas besar. Di sini Husky 701 Enduro sudah kena PPN BM 125% lantaran mesinnya di atas 500 cc. Itu khusus buat PPN BM saja, belum termasuk pajak dan biaya lain-lain. Jangan heran kalau harganya melesat tajam. Sedangkan untuk motor yang dijual off the road kalau nggak keliru, nggak ada komponen PPN BM. Gimana, masih tertarik meminang Husky 701 Enduro?

Advertisements