Tiga Pilihan Motor Off-Road Baru Harga Rp 40-50 Jutaan

Holla mas bro… Seperti kita ketahui segmen motor off-road di Indonesia semakin berkembang. Itu bisa dilihat dari semakin banyaknya pilihan motor trail off-road di Tanah Air dari berbagai macam brand. Nah, buat temen-temen yang punya budget sedikit lebih besar, ada sejumlah motor off-road menarik dengan rentang Rp 40-50 jutaan yang layak dijadikan pilihan. Apa saja pilihan motor off-road di rentang harga ini?

Motor pertama yang layak dipinang pastinya adalah Kawasaki KLX230R. Dengan bandrol harga cuma Rp 48,9 juta off the road Jakarta, temen-temen sudah bisa mendapatkan motor off-road tulen dengan spesifikasi yang cukup lumayan. Motor ini menggunakan mesin 233 cc, SOHC, 4-tak, 2-klep, dan berpendingin udara. Otomatis konfigurasi mesinnya masih cukup sederhana sehingga memudahkan dalam hal perawatan. Sisi canggihnya KLX230R sudah pakai sistem pembakaran injeksi. Power maksimal yang bisa dikeluarkan KLX230R nyaris 20 HP dengan torsi sebesar 20,6 Nm. Untuk fitur lainnya KLX230R mengandalkan frame yang lumayan mirip dengan KLX150, di mana frame ini dikenal sangat nyaman, suspensi depan teleskopik yang enak buat anjrut-anjrutan, dan swing arm dari bahan aluminium. Oh ya, bobot KLX230R hanya 115 kg sehingga ideal banget buat off-road. IMHO KLX230R sangat layak dipinang karena berasal dari brand Jepang yang terkenal punya reputasi bagus dalam hal kualitas, kenyamanan, dan dan layanan purna jual yang bagus. Selain itu, motor ini punya tenaga yang cukup, bobot enteng, dan tentunya bandrol harga lumayan oke masih di bawah Rp 50 juta.

Pilihan kedua ada Viar Cross X 250 SF. Bisa dibilang ini adalah motor trail kasta tertinggi yang dimiliki oleh Viar. Mesin Cross X 250 SF kurang lebih sama dengan Cross X 250 EC dan ES berupa mesin 249 cc, SOHC, 4-tak, 4-klep, dan sudah pakai sistem pendingin radiator. Mesin ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 24 HP dengan torsi sekitar 22 Nm. Temen-temen nggak perlu meragukan lagi lah tenaga motor ini. Buaaaas! Salah satu sisi paling menarik pada Cross X 250 SF adalah motor ini sudah pakai sasis dan swing arm aluminium. Nggak heran kalau bobotnya tergolong enteng hanya 110 kg. Suspensi depan model upside down sudah menjadi piranti standard Cross X 250 SF, membuat penampilan terlihat sangat gagah. Gimana dengan harganya? Cuma Rp 52 jutaan saja off the road Jakarta.

Untuk motor ketiga dengan rentang harga Rp 40-50 jutaan adalah GPX Moto FSE250E. Ini adalah motor buatan Tiongkok, tapi termasuk motor Tiongkok yang high end dengan komponen-komponen berkualitas. Dari sisi desain FSE250E relatif mirip dengan motor enduro Husqvarna baik itu pada bagian sasis, suspensi, hingga bodywork. Namun mesin FSE250E masih mengadopsi model SOHC, 4-tak, 2-klep, dan berpendingin udara dengan kapasitas 249 cc. Tenaga yang mampu dikeluarkan kurang lebih 20 HP dan dan bobot motor juga sekitar 110 kg. Kalau temen-temen tertarik dengan FSE250E, motor ini dijual oleh Dr. No Offroad Industries dengan harga Rp 55 juta off the road.

Last… Itu tadi tiga pilihan motor off-road dengan harga Rp 40-50 jutaan yang bisa dibeli di Indonesia. Semua motor itu tadi motor off-road tulen yang artinya bisa langsung digeber di medan off-road tanpa perlu modifikasi tambahan. Tapi kalau pengen lebih puas dan lebih nyaman tentu perlu dilakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan. So, motor mana yang memikat hati kalian?

  • Kawasaki KLX230R – Rp 48,9 Juta
  • Viar Cross X 250 SF – Rp 52 Juta
  • GPX Moto FSE250E – Rp 55 Juta
Advertisements