• Home »
  • Article »
  • Digelandang ke Atas Mesin Dyno, Power KTM 690 Enduro R Nyaris 60 HP!

Digelandang ke Atas Mesin Dyno, Power KTM 690 Enduro R Nyaris 60 HP!

Setelah sempat vakum tidak diproduksi, pada tahun 2019 ini KTM kembali memproduksi motor dual sport big single KTM 690 Enduro R. Motor generasi terbaru ini ternyata menyimpan cukup banyak perbedaan dibandingkan dengan generasi lawas. Penampilan jelas beda dengan desain yang lebih fresh, tetap agresif, dan enak dipandang. Mesin tetap berkapasitas 690 cc satu silinder berpendingin radiator namun sudah diutak-atik sehingga lebih minim getaran. Lalu suspensi KTM 690 Enduro R generasi terbaru model year 2019 itu pakai WP XPLOR 48 di bagian depan dan WP XPLOR shock di belakang. Bisa dibilang suspensi ini sangat identik dengan yang terpasang di motor enduro KTM EXC/EXC-F. Otomatis KTM 690 Enduro R terbaru sangat siap dipakai off-road maupun anjrut-anjrutan sekalipun!

Dari data spec menunjukkan bahwa KTM 690 Enduro R mampu memuntahkan tenaga sebesar 74 HP. Tapi perlu diingat, power yang diklaim oleh pabrikan itu biasanya diukur on crank. Terus berapa kira-kira power real KTM 690 Enduro R di roda belakang? Beruntung sekali Dirtrider.com yang sudah mengetes KTM 690 Enduro R juga menggelandangnya ke atas mesin dyno sehingga kita bisa tahu perkiraan power motor ini di roda belakang. Berdasarkan pengukuran Dirtrider.com di atas mesin dyno, ternyata KTM 690 Enduro R gen paling anyar ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 59,15 HP di putaran mesin 8.230 rpm, sementara torsinya mencapai 59 Nm! Nggak kebayang deh gimana tuh jambakan torsinya. Pasti bikin jantung berdebar.

Kok power di atas mesin dyno lebih kecil daripada klaim pabrikan mas? Sebenarnya ini adalah hal yang lumrah karena pabrikan mengukur power on crank sedangkan pengukuran di atas mesin dyno itu on wheel. Jadi ketika power mesin diukur di roda belakang pasti ada loss lantaran mesin menyalurkan tenaga itu lewat rantai. Belum lagi ada beban untuk memutar rantai dan roda itu sendiri. Meskipun ada perbedaan sekitar 20%, tapi kita patut acungi jempol KTM 690 Enduro R punya mesin yang bengis sekaligus torque! Dijamin enak buat on-road dan off-road.

Masalahnya apakah kita bisa mendapatkan KTM 690 Enduro R terbaru di Indonesia? Nah dulu KTM Indonesia menjual KTM 690 Enduro R generasi lawas. Waktu itu KTM 690 Enduro R dijual sekitar Rp 300 jutaan on the road. Tapi pada daftar motor KTM terbaru yang dijual di Indonesia nggak ada nama KTM 690 Enduro R. Saya nggak tau apakah motor ini terlewat nggak masuk daftar atau memang sengaja nggak dijual oleh KTM Indonesia. Kalau temen-temen nggak bisa meminang KTM 690 Enduro R model year 2019, kalian bisa mengalihkan pilihan ke Husqvarna 701 Enduro. Kedua motor itu pakai mesin dan frame yang identik kok. Husqvarna 701 Enduro bisa kalian tebus dengan mahar Rp 311 jutaan on the road Jakarta.

Advertisements