Ducati Kembangkan Motor Adventure Bergaya Rally, Namanya Dessert X

Mas bro… Brand motor asal Italia, Ducati, udah terang-terangan ngomong bahwa mereka sedang mengembangkan motor adventure baru yang untuk sekarang ini dikasih nama Dessert X. Motor ini masih sebatas konsep, tapi kabarnya sosok motor tersebut bakal dipamerkan ke publik di pameran EICMA 2019, Milan, pada bulan ini.

Menurut Ducati, Dessert X merupakan motor yang desainnya terinspirasi dari motor di ajang balap Paris – Dakar (sekarang Rally Dakar). Dulu ada sebuah motor bernama Cagiva Elefant. Menariknya Cagiva Elefant pakai mesin Ducati dan berhasil menjuarai balap Paris – Dakar 1990 lewat pembalap Edi Orioli. Nah pengembangan motor Ducati Dessert X sendiri salah satunya adalah untuk mengenang moment bersejarah itu.

Rencananya Dessert X bakal dibangun dari basis mesin Scrambler 1100. Mesinnya berkapasitas 1.079 cc Desmodomic L-Twin dengan pendingin udara. Tenaganya memang nggak terlalu gede, cuma sekitar 86 HP di putaran mesin 7.500 rpm. Asyiknya Ducati membuat desain Dessert X dengan nuansa yang cukup mirip dengan Cagiva Elefant di masa lampau. Motor ini pakai fairing khas motor adventure, suspensi depan upside down yang sangat jenjang, ban dengan ring 18-21 inch sehingga memberikan kesan offroad yang kuat, suspensi belakang mono shock dengan lokasi di samping dan posisinya nyaris rebahan, pakai headlight LED, dan knalpotnya buatan Termignoni.

Itu sih gambaran Dessert X sesuai dengan render yang dirilis Ducati. Namanya motor masih konsep, sangat mungkin bentuk dan spesifikasinya agak berubah pada versi produksi massal nanti. Ya mungkin sekarang kita tunggu aja ya Dessert X Concept mejeng di EICMA. Nggak lama lagi kok. Tapi kalau perilisan motor dalam wujud produksi massal sih kayaknya masih lama ya.

Advertisements