Husqvarna Norden 901 Bakal Ikut Perang di Segmen Motor Adventure

Husqvarna dalam waktu dekat bakal ikutan terjun di segmen motor adventure kelas menengah. Andalan Husqvarna di segmen ini adalah Husqvarna Norden 901 yang versi konsepnya sudah dipajang di EICMA 2019, Milan, beberapa waktu yang lalu. Melihat dimensi dan kapasitas mesin yang diusung, kemungkinan besar Husqvarna Norden 901 dipersiapkan untuk melawan motor-motor adventure middle weight seperti BMW F 850 GS, Triumph Tiger 800, dan sekaligus menggerogoti market motor yang lebih besar macam Honda Africa Twin!

Rencananya Husqvarna Norden 901 pakai mesin 889,5 cc dua silinder. Mesin ini adalah mesin yang benar-benar baru dan dikembangkan oleh KTM untuk membangun KTM 890 Duke R. Seperti biasa, KTM nggak cuma memanfaatkan mesin pada satu tipe motor. Tapi bisa terpasang pada banyak varian motor, baik itu yang diusung oleh brand KTM ataupun Husqvarna.

Seperti kebanyakan motor adventure, Husqvarna Norden 901 punya desain yang gagah. Motor dibekali frame trellis, kemudian dibalut dengan fairing khas motor adventure dan terpasang pula windscreen. Menariknya bentuk lampu depan Husqvarna Norden 901 itu bulat. Jadi mengingatkan kita kepada sosok motor adventure asal India, Royal Enfield Himalayan. Husqvarna Norden 901 Concept juga dibekali bash plate dari bahan metal, crash bar, dan hand guard. Untuk suspensi depan positif pakai model upside down, sedangkan ban pakai ukuran full size 18 inch di belakang dan 21 inch di depan. Wah bakal punya aura offroad yang kuat nih!

Sayangnya belum ada informasi kapan Husqvarna Norden 901 versi produksi massal bakal dirilis ke pasaran. Tapi kalau versi konsepnya udah nongol sih biasanya nggak butuh waktu lama lagi. Bukan mustahil versi produksi massal nongol di EICMA 2020. Dan kayaknya desain maupun spesifikasi nggak banyak berubah antara versi konsep dengan versi produksi massal nanti. Kita tunggu aja ya! Kalau udah rilis pasti masuk ke Indonesia juga kok.

Advertisements