Fantic Bakal Terjun di EnduroGP 2020 Pakai Motor XE 125

Mas bro… Brand kecil asal Italia, Fantic Motor, kembali menggeliat. Baru-baru ini Fantic meluncurkan sejumlah motor enduro dan motocross generasi terbaru model year 2020. Menariknya motor itu dibangun dari basis mesin dan sasis milik Yamaha YZ. Misalnya saja motor enduro Fantic XE 125 dibuat dari mesin dan sasis Yamaha YZ125X, kemudian motor motocross Fantic XX 125 berasal dari Yamaha YZ125 dan Fantic XX 250 asalnya dari Yamaha YZ250. Bisa dibilang motor-motor Fantic terbaru ini adalah motor Yamaha yang dibalut dengan baju baru khas Fantic yang cantik dan pastinya menarik. Sepertinya memang ada deal-deal khusus antara Fantic dan Yamaha, sehingga brand asal Italia itu bisa memakai basis motor dari brand Jepang. Sebelumnya Fantic kerap menggunakan basis mesin Yamaha Minarelli dengan spesifikasi SOHC, 4-tak, 4-klep, dan berpendingin cairan pada sejumlah motor trailnya. Tapi kali ini Fantic nggak sekedar pakai mesin Yamaha, melainkan sekaligus dengan sasis-sasisnya.

Konon kabarnya Fantic akan menggunakan motor enduro XE 125 berbasis Yamaha YZ125X untuk berkompetisi di ajang balap EnduroGP 2020. Siapa pembalapnya masih belum diketahui. Dengan menggunakan konfigurasi mesin 125 cc 2-tak, kemungkinan Fantic hanya akan terjun di kelas junior. Tapi nggak menutup peluang Fantic bisa turun di kelas E1, E2, atau E3 misalnya ada deal lanjutan dengan Yamaha, di mana Fantic menggunakan basis mesin dan sasis Yamaha WR250F dan WR450F untuk membangun motor enduro baru dengan mesin 4-tak.

Well… Fantic memang bukan brand besar. Tapi ternyata motor-motor yang dibangun oleh Fantic memiliki desain yang cantik. Soal performa tentu nggak boleh diragukan karena basis mesin dan sasis yang dipakai berasal dari brand ternama asal Jepang. Bagi perusahaan kecil, paling gampang ya merebranding motor dari pabrikan lain dengan dipasangi baju baru daripada mengembangkan sendiri motor dari nol karena butuh waktu, biaya, dan tenaga yang nggak sedikit. Nice move Fantic! Sayangnya belum ada perusahaan yang membawa brand Fantic ke Indonesia ya…

Advertisements