Ada Dua Versi Rim Lock untuk Motor Trail, Apa Bedanya?

Saat kita main offroad dengan motor trail, wajib hukumnya memasang rim lock lock atau orang Indonesia kebanyakan menyebutnya dengan nama stopper ban. Apa tujuannya? Karena waktu offroad kita biasa mengurangi tekanan angin ban untuk mendapatkan traksi lebih baik, rim lock ini berfungsi menjaga rotasi ban agar tetap seirama dengan rotasi velg/rim. Selain itu, rim lock juga berfungsi melindungi pentil ban dalam biar nggak cepat jebol saat ban dalam kondisi kempis. FYI, offroad nggak pakai rim lock itu merepotkan karena kita nggak bisa mengempiskan ban dengan optimal untuk mendapatkan traksi, khususnya dalam kondisi jalur yang basah dan licin.

Di pasaran ada dua versi rim lock untuk motor trail offroad berdasarkan materialnya, yaitu rim lock karet dan rim lock aluminium. Masing-masing tipe rim lock ini punya keunggulan dan kekurangan. Rim lock karet misalnya, punya keunggulan harga yang lebih murah. Tapi tentu saja daya tahan rim lock karet ini lebih singkat. Rata-rata rim lock karet hanya berumur satu tahun. Dalam periode tersebut biasanya karet sudah terlepas dari batang rim lock. Kita mesti ganti dengan rim lock baru jika sudah rusak. Atau kalau karet belum hancur, terlihat masih kuat, bisa diperbaiki dengan pengeleman.

Gimana dengan rim lock aluminium? Tentunya rim lock aluminium kebalikan dari rim lock karet. Harganya lebih mahal dan pasti jauh lebih awet karena badan rim lock menyatu kuat dengan batangnya. Selain itu, rim lock aluminium butuh perawatan ekstra, karena kalau nggak rajin merawat nanti debu, lumpur, dan kotoran yang masuk bisa menimbulkan korosi. Ujungnya dapat merusak ban dalam hingga velg.

Jadi untuk pasang rim lock ini sesuai budget kalian masing-masing aja ya. Kalau ada dana lebih mendingan langsung beli rim lock aluminium dengan harga sekitar Rp 200.000 sepasang. Bisa sedikit lebih mahal atau lebih murah, tergantung mereknya. Tapi kalau budget pas-pasan ya rim lock karet bukan pilihan buruk, daripada nggak pakai rim lock sama sekali. Rim lock karet ini biasanya dibandrol antara Rp 70.000 sampai dengan Rp 150.000.

Advertisements