Spesifikasi Cadas KTM 450 RALLY untuk Dakar 2020 di Arab Saudi

Seperti kita ketahui Rally Dakar 2020 mendatang akan digelar di Arab Saudi. Ini bakal menarik karena Asia menjadi benua ketiga gelaran balap Rally Dakar. Sebelumnya Rally Dakar pernah dilaksanakan di Benua Eropa – Afrika dan Amerika. KTM sebagai pabrikan motor yang sangat mendominasi Rally Dakar dalam dua dekade terakhir telah mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi Dakar 2020. Baru-baru ini KTM memperkenalkan motor andalan mereka KTM 450 RALLY yang bakal dipakai di Dakar 2020, Arab Saudi. Seperti apa penampilan dan spesifikasi motor ini?

Rencananya KTM 450 RALLY generasi terbaru akan dipakai oleh sejumlah pembalap KTM dari dua tim utama. Pembalap-pembalap ini antara lain Toby Price, Sam Sunderland, Matthias Walkner, dan Luciano Benavides yang tergabung ke dalam tim Red Bull KTM Factory Racing serta Mario Patrao di sisi KTM Factory Racing. Boleh dibilang mereka adalah pembalap-pembalap juara yang kemampuannya nggak perlu diragukan lagi. Bukan rahasia lagi Toby Price, Sam Sunderland, dan Matthias Walkner adalah deretan pembalap yang pernah juara Dakar, sedangkan Luciano Benavides belakangan ini punya performa yang sangat ciamik dan Mario Patrao sudah punya banyak pengalaman di Dakar. Dengan kombinasi pembalap top plus motor unggulan, pasti KTM berharap bisa juara lagi di Dakar 2020.

Nah, ngomong-ngomong soal KTM 450 RALLY yang dipakai di Dakar 2020 nanti, sebenarnya basis motornya masih sama dengan KTM 450 RALLY yang sukses menang di Dakar 2019. Tapi pastinya KTM udah melakukan pengembangan agar motor ini tampil lebih baik lagi. Update di sektor mesin memang sulit diendus karena ini motor tim factory sehingga banyak rahasia di dalamnya. Namun yang jelas KTM 450 RALLY untuk Dakar 2020 punya spesifikasi dan komponen yang sangat mentereng ya guys!

Di sektor mesin KTM 450 RALLY model year 2020 masih tetap pakai mesin SOHC 450 cc satu silinder dengan sistem pendingin radiator. Nggak diketahui secara pasti berapa output power mesin ini. Namun ada bocoran informasi bahwa mesin ini sanggup dibawa melesat hingga kecepatan maksimal 280 km/jam. Udah kayak mesin street bike 800-1.000 cc empat silinder! Gimana, pernah bayangin bawa motor 280 km/jam di medan off-road? Terus mesin KTM 450 RALLY pakai sistem kopling dari Hinson Racing. Menurut Team Leader KTM Rally Stefan Huber, saat membalap di area gurun pasir para pembalap sering kali bermain kopling sehingga dibutuhkan sistem kopling yang kuat dan Hinson adalah pilihan yang tepat. Untuk mengimbangi mesin ini, KTM membekali KTM 450 RALLY 2020 dengan knalpot full system buatan Akrapovic. Masih kata Huber, knalpot terbuat dari bahan titanium sehingga bobotnya sangat ringan dan punya durabilitas yang bagus. Nggak cuma itu, knalpot Akrapovic juga sanggup mengeluarkan torsi dan power mesin dengan maksimal.

Pada bagian sasis, KTM nggak mengubah ciri khasnya dengan tetap memakain sasis model trellis dari bahan chromoly. Sasis tersebut dipadu dengan suspensi depan WP XACT 78 mm. Asli diameter suspensinya gede banget nih. Kenapa pakai suspensi depan segede ini? Ya karena bobot basah KTM 450 RALLY lumayan nampol. Dalam kondisi semua ruang liquid terisi dan bensin full, bobot motor sekitar 150-an kg. Itu belum termasuk beban dari si pembalap. Padahal sepanjang balapan motor dipaksa jumping-jumping dengan ketinggian di luar nalar untuk motor sebesar itu. Jadi memang dibutuhkan suspensi yang luar biasa kuat. Suspensi depan ini dipadu dengan triple clamps CNC dari XTRIG yang dirancang untuk kebutuhan high speed.

Di luar dari mesin, sasis, suspensi hingga knalpot yang WOW, masih banyak komponen-komponen ajaib yang terpasang di KTM 450 RALLY model year 2020. Sebut saja tower navigasi dari bahan karbon dengan bobot sangat ringan, bagian facia yang sangat aerodinamis, pelindung mesin dari bahan karbon, piringan rem dari Moto Master plus kaliper buatan Brembo, velg D.I.D DirtStar, ban Michelin, sprocket dari Supersprox, hand grip yang sangat soft biar pembalap lebih nyaman, jok spesial dari Selle Dalla Valle, dan masih banyak lagi yang lainnya. Menurut kalian gimana, apa KTM 450 RALLY bakal sanggup juara Dakar 2020?

Advertisements