• Home »
  • Article »
  • Daftar Lengkap Pembalap Motor untuk Rally Dakar 2020 – Arab Saudi

Daftar Lengkap Pembalap Motor untuk Rally Dakar 2020 – Arab Saudi

Rally Dakar 2020 di Arab Saudi kurang lebih akan digelar sekitar dua minggu lagi. Para pembalap yang ikut dalam gelaran ini sudah mendaftar dan daftarnya sudah ada di penyelenggara Rally Dakar, yaitu Amauri Sport Organization (ASO). Di Rally Dakar 2020 nanti tentu banyak nama-nama beken, pembalap veteran, dan juga da sejumlah pendatang baru. Siapa saja mereka?

Tim yang paling mapan di Rally Dakar, Red Bull KTM Factory Racing, bakal mengeluarkan empat pembalap andalan antara lain Toby Price sebagai juara bertahan, Sam Sunderland dan Matthias Walkner yang juga pernah menjadi juara Dakar, dan pembalap muda Luciano Benavides yang skill-nya semakin matang. Selain itu, KTM juga memberikan dukungan kepada Mario Patrao di sisi tim KTM Factory Racing. So, total KTM mendaftarkan lima pembalap tim factory. Sebenarnya selain kelima nama di atas ada satu lagi nama yang didaftarkan KTM, yaitu Laia Sanz yang menjadi rekan tandem Mario Patrao di KTM Factory Racing. Namun dicaploknya GasGas oleh KTM membuat Laia Sanz ditugaskan ke tim GasGas Factory Racing pada Dakar 2020.

Anaknya KTM, Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing tetap mendaftarkan dua pembalap andalan yaitu Pablo Quintanilla dan Andrew Short. Sedangkan Monster Energy Honda Team tampil dengan kekuatan penuh melalui deretan lima orang pembalap antara lain Kevin Benavides, Joan Barreda, Ricky Brabec, Jose Ignacio Cornejo, dan pembalap anyar Aaron Mare. Tim biru Yamalube Yamaha Official Rally Team tetap tampil dengan Adrien Van Beveren, Xavier de Soultrait, Franco Caimi plus debutan baru yang sangat dikenal di dunia balap EnduroGP, Jamie McCanney.

Di luar tim-tim besar tersebut, masih ada lagi tim factory lain yang patut diperhitungkan, siapa lagi kalau bukan Sherco dan Hero. Menurut rencana Sherco TVS Rally Team akan mengandalkan Michael Metge, Johnny Aubert, Lorenzo Santolino, dan Harith Noah. Selain empat nama di atas sebenarnya Sherco baru saja merekrut pembalap anyar untuk ajang balap rally. Pembalap itu bernama Rui Goncalves. Sayangnya belum diketahui secara pasti apakah Rui Goncalves ikut serta di Dakar 2020 atau nggak. Lalu untuk Hero Motorsport Team Rally dipastikan memboyong pembalap veteran Paulo Goncalves, Oriol Mena, Joaquim Rodrigues, dan CS Santosh.

Di luar pembalap yang tergabung ke dalam tim factory, ada sejumlah pembalap lain yang cukup layak diperhitungkan. Mereka antara lain Stefan Svitko dalam naungan Slovnaft Rally Team dan Joan Pedrero Garcia di tim LS2 Aventura Touareg. Kedua pembalap veteran di Rally Dakar itu akan menggunakan mesin KTM 450 RALLY pada tahun 2020 nanti. Siapa yang bakal menang? Pembalap yang berpotensi menang rasanya nggak akan jauh-jauh dari pembalap factory KTM, Honda, Yamaha, dan Husqvarna, meskipun pembalap KTM tetap masuk ke dalam daftar unggulan ya!

Advertisements