KLX Masih Jadi Tulang Punggung Penjualan Kawasaki di Indonesia

Mas bro… Meskipun sudah ada beberapa pesaing yang masuk ke segmen motor trail, termasuk Honda melalui CRF150L dan Yamaha dengan WR155R, namun faktanya KLX series masih menjadi tulang punggung penjualan Kawasaki di Indonesia. Sebagai pelopor motor trail 4-tak kapasitas kecil di Indonesia, nama KLX memang sangat sulit dicoret dari benak calon konsumen ketika ingin meminang sebuah motor trail. Nggak heran walaupun ada banyak pendatang baru tapi KLX masih tetap sulit digusur eksistensinya.

Nah, menurut informasi yang beredar di media, KLX series memberikan kontribusi sebesar 45 persen dari total penjualan Kawasaki di Tanah Air. Angka yang fantastis kan? Malah bisa dibilang dengan kontribusi sebesar itu KLX udah jadi nyawa bagi Kawasaki di Indonesia. Motor berikutnya yang menyumbang penjualan lumayan besar adalah si retro W175 series dengan kontribusi sebesar 30 persen, sedangkan Ninja series dan big bike berkontribusi sebesar 25 persen.

Sayangnya dengan kontribusi penjualan yang sangat besar itu belum ada rencana dari geng ijo untuk mengupdate KLX150 series. Padahal teknologi yang diusung oleh motor ini tergolong usang, banyak yang komplain under power, dan masih banyak lagi yang lain. Di sisi lain Yamaha baru saja merilis WR155R dengan mengandalkan mesin 155 cc SOHC 4-klep berpendingin radiator. Jelas mesin ini jauh lebih advance daripada punya KLX150. Emoh update KLX150 setidaknya dalam waktu dekat, pihak Kawasaki malah menawarkan KLX230 sebagai opsi bagi konsumen yang ingin meminang WR155R. Padahal antara keduanya terpaut harga sekitar Rp 5 jutaan! Hmmm…

Advertisements