Deretan Empat Pembalap Tim Factory Yamaha untuk Rally Dakar 2020

Gelaran balap rally paling kejam di dunia, Rally Dakar 2020, tinggal menghitung hari. Rencananya balapan yang baru pindah lokasi dari Amerika Selatan ke Asia (Arab Saudi) ini akan dilangsungkan pada 5-17 Januari 2020. Semua tim tentu sudah sangat siap dalam menghadapi event balap tahunan tersebut, nggak terkecuali tim biru Yamaha. Satu hal yang cukup menarik adalah untuk Dakar 2020 nanti Yamaha mengusung nama tim yang berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, plus ada satu pembalap baru yang bercokol di tim Jepang ini.

Kalau dalam beberapa tahun terakhir kita cukup familiar dengan nama tim Yamalube Yamaha Official Rally Team sebagai tim factory Yamaha yang berlaga di ajang balap Rally Dakar maupun event balap rally lainnya, maka mulai Rally Dakar 2020 ini tim Yamaha mengusung nama baru yaitu Monster Energy Yamaha Rally Team. Masuknya Monster Energy sebagai sponsor utama membuat nama tim berubah. Otomatis Monster Energy Drink menjadi sponsor utama bagi dua tim besar sekaligus. Pertama adalah Honda (Monster Energy Honda Team), sedangkan yang kedua tentunya Yamaha (Monster Energy Yamaha Rally Team). Nggak bisa dipungkiri memang ada kedekatan hubungan antara Yamaha dan Monster Energy. Keduanya sering kali terlibat kerja sama sponsorship di berbagai ajang kejuaraan, misalnya aja di MotoGP, MXGP, dan sekarang merambah ke rally.

Itu tadi soal nama tim, sekarang kita geser ke pembalap… Berdasarkan informasi official yang tentunya valid, Monster Energy Yamaha Rally Team berencana menggunakan jasa empat orang pembalap di Rally Dakar 2020. Tiga orang pembalap tergolong sebagai muka-muka lama seperti pembalap penuh pengalaman Adrien Van Beveren beserta dengan dua nama lawas Xavier de Soultrait dan Franco Caimi, sedangkan satu orang lagi merupakan pembalap yang benar-benar baru di ajang balap rally, doi adalah Jamie McCanney.

Selama ini Jamie McCanney tergolong sebagai pembalap papan atas di ajang balap enduro (EnduroGP), tapi di balap rally dia termasuk pendatang baru. Jamie bisa terdampar di balap rally karena Yamaha secara resmi memutuskan hengkang dari balap EnduroGP. Jamie kemudian mendapatkan tawaran tetap bersama Yamaha namun pindah ke balap rally dan ditempatkan di tim satelit untuk Rally Dakar. Menariknya adalah saat Jamie pertama kali mencicipi balap rally (Merzouga Rally), doi menunjukkan progress yang bagus dan justru membantu dalam hal pengetesan motor. Yamaha pun nggak jadi menempatkan Jamie ke tim satelit. Pembalap asal Inggris ini malah langsung ditarik ke tim factory untuk menjalani Rally Dakar pertamanya.

Peralatan tempur yang dipakai oleh Adrien Van Beveren, Xavier de Soultrait, Franco Caimi, dan Jamie McCanney pada event Dakar 2020 adalah Yamaha WR450F Rally model year 2020. Nggak banyak informasi yang bisa digali mengenai motor ini. Namun yang pasti WR450F Rally dibangun dari basis mesin dan sasis motor enduro WR450F. Jeroan mesin pasti banyak ubahan, ECU beda, jeroan knalpot beda, dan masih banyak lagi perbedaan yang bersifat rahasia karena ini adalah motor prototipe milik tim factory. Yang jelas sih banyak part-part eksotis yang menempel, sebut saja suspensi Kayaba, knalpot Akrapovic, sistem kopling Rekluse, sprocket dan rantai Supersprox, rim Excel, dan lain-lain. Apakah Yamaha bisa berbuat banyak di Dakar 2020? Kita lihat saja aksi mereka ya!

Advertisements