• Home »
  • Article »
  • Motor Enduro GasGas Versi 2020 Ada Empat Varian, Semua Pakai Basis KTM!

Motor Enduro GasGas Versi 2020 Ada Empat Varian, Semua Pakai Basis KTM!

Kalau banyak perusahaan merahasiakan berbagai macam produk baru yang bakal dirilis dalam beberapa waktu ke depan, itu nggak berlaku buat Pierer Mobility Group (induk usaha KTM, Husqvarna, dan GasGas). Pierer Mobility Group justru membeberkan rencana pengembangan produk baru dari KTM, Husqvarna, dan GasGas di tahun-tahun mendatang. Memang sih dokumen rencana produk baru itu ditujukan bagi investor, tapi akhirnya bocor besar ke media hingga menjadi santapan publik. Khusus untuk GasGas, pada tahun 2020 nanti setidaknya akan mengeluarkan empat macam motor enduro baru yang semuanya dibangun dari basis motor enduro KTM. Ada apa saja?

Yups… Sejak menjadi bagian dari KTM Group pada September 2019 yang lalu, GasGas memang terus berbenah. Di tangan KTM Group, GasGas tetap menjadi pabrikan yang memproduksi motor enduro dan trials seperti sebelumnya. Tapi kemudian GasGas mendapatkan tambahan tipe produk dengan genre motor motocross dan adventure. Tipe motor motocross sudah kita bahas di artikel terdahulu di mana GasGas punya tiga macam motor motocross antara lain 125 cc 2-tak serta 250 cc dan 450 cc 4-tak. Nggak cuma punya motor motocross, GasGas mulai tahun 2020 juga ikutan balap FIM Motocross World Championship (EnduroGP) lewat tim Standing Construct GasGas Factory Racing. Pembalapnya adalah Glenn Coldenhoff dan Ivo Monticelli.

Sekarang kita beralih ke enduro ya… Rencananya GasGas bakal punya empat lineup motor enduro versi 2020. Dua di antaranya pakai mesin 2-tak dengan pilihan mesin 250 dan 300. Menariknya adalah kedua motor enduro 2-tak dari GasGas itu pakai basis mesin KTM 250/300 EXC TPI yang notabene sudah pakai sistem pembakaran injeksi. Sasis dan suspensi kemungkinan besar juga sama dengan KTM 250/300 EXC TPI. Gimana dengan yang 4-tak? Lagi-lagi GasGas cuma menyediakan dua pilihan kapasitas mesin yaitu 250 cc dan 350 cc. Keduanya juga dibangun dari basis mesin, sasis, dan mungkin suspensi yang sama dengan KTM 250/350 EXC-F. Belum ada indikasi GasGas bakal punya motor enduro 4-tak 450/500 cc seperti KTM dalam waktu dekat. Temen-temen bisa lihat gambar di atas pada kolom enduro.

Oh ya… Untuk menunjang eksistensi di kancah balap enduro, KTM sudah mendelegasikan salah satu pembalap topnya, Taddy Blazusiak, agar bergabung dengan GasGas Factory Racing. Menurut rencana GasGas Factory Racing dan Taddy Blazusiak bakal ikut serta di kompetisi World Enduro Super Series (WESS) 2020 semusim penuh. Hmmmm… Sepertinya Taddy akan pakai motor GasGas 300 2Ti di serial hard enduro dan GasGas 350 4T pada serial WESS yang bergenre classic enduro maupun cross-country ya! Otomatis motor-motor enduro GasGas EC 250/300 dan GasGas ECR 200/250/300 yang ada sebelumnya resmi disuntik mati…

Advertisements