• Home »
  • Article »
  • Saat Motor Enduro Sherco 125 SE Factory 2-Tak Berubah Jadi Supermoto, Yes or No?

Saat Motor Enduro Sherco 125 SE Factory 2-Tak Berubah Jadi Supermoto, Yes or No?

 

Sejatinya Sherco 125 SE yang bermesin 125 cc 2-tak diciptakan sebagai motor enduro oleh Sherco. Walaupun kapasitas mesinnya kecil, tapi soal performa nggak perlu diragukan lagi. Mesin mungil Sherco 125 SE mampu mengeluarkan tenaga yang sangat bengis. Belum lagi motor ini dibekali dengan berbagai komponen kelas dunia sepertinya kakaknya yang bermesin lebih besar, Sherco 250 SE dan Sherco 300 SE. Menariknya adalah saat EICMA 2019 bulan lalu Sherco juga memajang Sherco 125 SE versi modifikasi dengan ban supermoto!

Perubahan yang dilakukan oleh Sherco sebenarnya cukup sederhana. Brand asal Perancis hanya mengganti ban enduro milik Sherco 125 SE yang berdiameter 18-21 inch menjadi ban ala supermoto dengan ring 17-17 inch lengkap dengan ban street bike tapak lebar. Velgnya pun masih tetap jari-jari. Hasilnya memang sangat oke, terutama bagi kalangan penggemar supermoto. Apalagi selama ini memang jarang ada supermoto yang pakai mesin 2-tak. Rata-rata supermoto menggunakan mesin 4-tak yang serba modern.

Soal spesifikasi lain dan komponen yang terpasang di Sherco 125 SE supermoto nggak perlu diragukan. Komponen-komponen papan atas terpasang manis di motor ini mulai dari sasis model tubular yang terbuat dari bahan chromoly, suspensi berkelir emas nggak tahu buatan brand apa (versi enduro pakai WP) dan lain-lain. Asli semuanya komponen branded berkualitas tinggi. Sayangnya nggak diketahui secara pasti apakah Sherco sudi membuat Sherco 125 SE versi supermoto atau nggak. Tapi kalaupun nggak temen-temen bisa beli Sherco 125 SE versi enduro kemudian dimodif jadi supermoto. Cuma ganti ban dan velg rasanya udah cukup karena motor ini udah ganteng dari sononya.

Advertisements