Calon Motor Adventure GasGas Pakai Mesin 800 cc Dua Silinder

Brand motor asal Spanyol, GasGas, memang secara resmi telah diakuisisi oleh KTM Group (Pierer Mobility AG) sejak September 2019 yang lalu. Sejak saat itu GasGas mulai berbenah, mulai dari manajemen, produk, sampai dengan strategi pemasaran. Tapi sekarang kita fokus dengan lineup produk aja ya! Di tangan KTM Group, GasGas bakal punya lineup produk yang sangat identik dengan KTM. Dulu sebelum bergabung dengan KTM Group, GasGas cuma fokus memproduksi motor trials dan enduro. Menariknya setelah bergabung dengan KTM Group produk GasGas akan semakin lengkap.

Menurut bocoran dokumen Pierer Mobility AG yang ditujukan bagi investor, terkuak fakta GasGas tetap mempertahankan deretan motor trials dan enduro yang selama ini menjadi ciri khasnya. Namun untuk motor enduro lawas digusur total, diganti dengan motor enduro baru yang dibangun dari basis motor enduro KTM. Total ada empat tipe motor enduro terbaru dari GasGas dengan pilihan mesin 250/300 2T dan 250/350 4T. Kemudian GasGas juga punya motor motocross 125 2T dan 250/450 4T yang juga dibangun dari basis motor motocross KTM. Masih belum puas sampai di situ, Pierer Mobility AG bakal merambah ke segmen street bike dan adventure bike lewat brand yang identik dengan warna merah ini…

Sekarang kita nggak perlu bahas yang street bike ya, kita bahas aja yang adventure bike alias motor petualang. Dari dokumen Pierer Mobility AG terungkap calon motor adventure GasGas menggunakan kapasitas mesin 800 cc. Jika kita mau telisik lebih dalam, kemungkinan yang sangat besar mesinnya identik dengan milik KTM 790 Adventure series yang menggunakan konfigurasi dua silinder sejajar. Memang bukan rahasia lagi KTM Group memanfaatkan satu basis mesin untuk banyak tipe motor, bahkan untuk berbagai macam brand di bawah naungannya. Artinya satu mesin nggak cuma dipakai satu tipe motor dan nggak cuma dipakai KTM, tapi merembet ke Husqvarna dan GasGas.

Sejauh ini belum diketahui pasti seperti apa penampilan motor petualang GasGas. Apakah lebih berorientasi offroad macam KTM 790 Adventure R atau lebih condong sebagai motor petualang jalan raya macam KTM 790 Adventure. Yang jelas sih mesinnya 800 cc dua silinder seperti yang terpasang di KTM 790 Adventure series. Oh ya, walaupun sudah berada di tangan KTM, pusat produksi motor GasGas tetap di Spanyol. Nggak pindah ke Austria seperti Husqvarna. Kita tunggu aja deh nanti pergerakan GasGas. Apalagi kalau new GasGas sudah masuk ke Indonesia nanti ya!

Advertisements