• Home »
  • Article »
  • Sayang Anak… Lenka Hadirkan Mini Trail MXGP25 Bermesin 110 cc 4-Tak!

Sayang Anak… Lenka Hadirkan Mini Trail MXGP25 Bermesin 110 cc 4-Tak!

Temen-temen mungkin banyak yang nggak kenal dengan brand motor bernama Lenka. Memang hal itu cukup lumrah karena Lenka sendiri bukanlah brand besar. Namun di segmen mini moto alias motor kecil buat anak-anak, Lenka tergolong sebagai salah satu pemain utama. Lenka cukup aktif memproduksi mini moto dengan gaya sport full fairing seperti motor di MotoGP dan juga menjadi salah satu penguasa motor trail kecil (mini trail) dengan mesin 2-tak ala mesin potong rumput. Motor-motor ini banyak beredar di toko-toko yang khusus menyediakan motor trail. Bahkan kalau di sekitaran saya sini motor Lenka bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko mainan anak-anak!

Nah, baru-baru ini Lenka menghadirkan produk baru yang diberi nama Lenka MXGP25. Boleh dibilang Lenka MXGP25 dibuat lebih serius dibandingkan dengan mini trail yang sudah lebih dulu eksis, yaitu Lenka MC-73. Kenapa? Karena Lenka MXGP25 secara dimensi sedikit lebih besar dengan frame yang kekar dan mesin yang pastinya lebih advance. Kalau Lenka MC-73 pakai basis mesin 2-tak yang mirip dengan mesin potong rumput, Lenka MXGP25 ini mesinnya 110 cc 4-tak dengan dua buah klep dan berpendingin udara. Mesinnya model tiduran macam mesin motor bebek. Kemungkinan jeroan mesin mirip dengan motor yang sudah familiar di Indonesia, Honda Astrea. Untuk memudahkan pengoperasian bagi anak-anak dan rider pemula, Lenka membekali MXGP25 dengan sistem transmisi manual tapi tanpa kopling. Ya pakai transmisi semi manual kayak motor bebek lah.

Sisi lain yang cukup menarik adalah meskipun motor ini mungil untuk anak-anak, namun sudah pakai suspensi model upside down sehingga motor terlihat gagah dan kekar. Belum lagi bodywork jelas menjiplak punya Husqvarna yang bikin motor ini semakin ganteng. Oh ya, Lenka MXGP25 pakai ban dengan ring 10 inch di belakang dan 12 inch di bagian depan ya. IMHO Lenka MXGP25 cocok buat temen-temen yang udah punya anak mulai dari lima tahun sampai dengan 10 tahunan. Rencananya saya juga pengen sih beliin mini trail buatan Lenka buat anak saya. Tapi nanti deh kalau naik sepedanya udah lancar. Kemungkinan ya sekitar umur tiga sampai empat tahun. Belinya ya Lenka MC-73 dulu yang murah. Kalau Lenka MXGP25 kan spesifikasinya lebih serius jadi pasti harganya lebih mahal. Sekarang belum ada info official berapa harga Lenka MXGP25. Kalau terawangan saya memungkinkan ada di angka Rp 8 jutaan atau malah lebih.

Advertisements