KTM 450 SX-F Factory Edition Model Year 2020 Resmi Diluncurkan

Di awal tahun 2020 ini KTM langsung geber gas dengan meluncurkan motor baru. Kali ini motor yang diluncurkan bertipe motocross yaitu KTM 450 SX-F Factory Edition model year 2020. Ya, KTM memang rajin mengeluarkan motor motocross Factory Edition setiap tahun. Apalagi pada tahun 2019 yang lalu pembalap KTM Cooper Webb mampu menjadi juara di ajang balap AMA Supercross 450SX, sehingga produk berpenampilan serupa dengan motor sang juara bakal menjadi alat marketing yang ampuh untuk mendongkrak penjualan.

KTM 450 SX-F Factory Edition generasi terbaru model year 2020 ini tentu punya banyak perbedaan dibandingkan dengan KTM 450 SX-F standar model year 2020 yang sudah dirilis sejak tahun 2019 yang lalu. Perbedaan paling mencolok tentu ada di sisi penampilan, di mana KTM 450 SX-F Factory Edition menggunakan warna grafis khas tim Red Bull KTM Factory Racing yang berlaga di kompetisi AMA Supercross lengkap dengan number plate 1 milik Cooper Webb yang musim lalu menjadi juara. Dari sisi penampilan ini KTM 450 SX-F Factory Edition jelas sangat keren karena sangat identik dengan motor KTM 450 SX-F milik tim pabrikan Red Bull KTM Factory Racing.

Terus apa lagi yang beda? Ada banyak meskipun hanya printilan-printilan kecil. Rata-rata sejumlah komponen yang berbeda dibandingkan dengan motor versi standar itu bisa didapatkan di KTM PowerParts maupun menggunakan komponen aftermarket. Oke… Sekarang kita mulai bahas berbagai komponen spesial pada KTM 450 SX-F Factory Edition model year 2020 ya. Pertama ada di bagian suspensi depan alias fork. KTM 450 SX-F Factory Edition dan KTM 450 SX-F standar sama-sama menggunakan fork WP XACT, namun pada versi Factory Edition pakai sistem mid valve damping yang baru untuk meningkatkan kontrol dan feedback. Kemudian fork ini dijepit dengan triple clamps CNC buatan XTRIG yang dilabur warna orange anodize.

Komponen unggulan lain yang terpasang di antaranya knalpot titanium model slip on buatan Akrapovic, rim D.I.D DirtStar, hub alias tromol dengan warna orange anodize, tutup bak kopling dari Hinson Racing, ada holeshot device, skid plate dari bahan komposit, cakram rem depan semi-floating, rem depan dibekali disc guard, sprocket belakang aluminium dengan warna orange, dan nggak lupa jok dari Selle Dalla Valle terpasang manis di KTM 450 SX-F Factory Edition model year 2020.

Menurut rencana KTM 450 SX-F Factory Edition generasi paling anyar ini langsung tersedia di Amerika Utara mulai awal tahun 2020. Gimana dengan di Indonesia? Apakah bakal masuk juga? Biasanya KTM 450 SX-F Factory juga masuk dan dijual resmi di Indonesia kok. Tapi mengenai waktunya masih belum ada keterangan lebih lanjut. Kalau temen-temen ngebet minang KTM 450 SX-F Factory Edition buat balapan di lintasan motocross ya tinggal nunggu aja motor ini diboyong oleh KTM Indonesia ya!

Advertisements