Pecah Telooorr… Ricky Brabec Bawa Honda Juarai Rally Dakar 2020!

Mas bro… Setelah sekian lama berjuang akhirnya Honda Racing Corporation melalui Monster Energy Honda Team mampu menumbangkan KTM (Red Bull KTM Factory Racing) yang sekian lama, 18 kali berturut-turut menjuarai ajang balap Rally Dakar. Yups, pecah telor ternyata… Honda sukses menjuarai Rally Dakar 2020 lewat pembalap asal Amerika Serikat, Ricky Brabec!

Seperti kita ketahui, Honda memang sangat berambisi menumbangkan dominasi KTM di Rally Dakar. Maka nggak heran sejak kembali ikut di kompetisi ini pada tahun 2013 Honda terus berbenah. Tim yang bermarkas di Spanyol ini terus mengembangkan CRF450 RALLY sehingga menjadi salah satu motor terbaik dan reliable pada balapan rally.  Nggak cuma itu, setiap event Rally Dakar Honda selalu mengandalkan empat sampai lima pembalap top demi mewujudkan ambisinya. Misalnya untuk Rally Dakar 2020 ini Honda menggunakan jasa lima orang pembalap, antara lain Joan Barreda, Kevin Benavides, Ricky Brabec, Jose Ignacio Cornejo, dan Aaron Mere. Pembalap yang disebut terakhir adalah rekrutan baru dengan usia relatif masih sangat muda.

Nah… Beruntungnya hampir semua pembalap Honda tampil sangat padu dan dan pastinya sangat kuat pada Dakar 2020. Brabec sukses memenangkan dua stage (stage 3 dan 6), Jose Ignacio Cornejo juga menang di dua stage (stage 4 dan 12), serta Kevin Benavides juara stage 7 dan Joan Barreda juara stage 10. Itu belum termasuk stage 3 dan stage 10 yang dikuasai oleh pembalap-pembalap Honda dari podium pertama hingga ketiga! Jadi dari sini kita bisa ambil kesimpulan, para pembalap-pembalap Honda memang tampil sangat beringas. Khusus untuk Ricky Brabec doi bisa membalap dengan konsisten sehingga posisinya di klasemen nggak tergoyahkan sejak stage 3. Posisi ini terus bertahan sampai dengan akhir stage 12!

Dengan kemenangan ini maka Ricky Brabec mencatatkan sejarah dengan menjadi orang Amerika Serikat pertama yang mampu menjadi juara Dakar. Selain itu, ini menjadi kemenangan keenam bagi Honda di ajang Dakar setelah terakhir kali meraihnya pada tahun 1989. So, Honda udah puasa gelar Dakar sangat lama. Sekedar informasi, Honda sempat absen dari gelaran Dakar dalam kurun waktu lumayan panjang. Kemudian pabrikan Jepang lewat HRC kembali lagi pada tahun 2013. Sejak saat ini Honda mempersiapkan segala sesuatu agar bisa menumbangkan KTM. Berkali-kali Honda hampir sukses melakukannya, tapi pada akhirnya KTM tetap juara. Posisi terbaik Honda adalah pada tahun 2015 dengan meraih posisi runner up melalui Paulo Goncalves dan Kevin Benavides pada 2018. Akhirnya kemenangan itu sukses diraih pada tahun 2020 ketika Rally Dakar pertama kalinya dipindah ke Arab Saudi. Selamat Honda, congrats Ricky…

Advertisements