• Home »
  • Article »
  • Mengintip Spesifikasi Motor Juara Dakar 2020 – Honda CRF450 RALLY

Mengintip Spesifikasi Motor Juara Dakar 2020 – Honda CRF450 RALLY

Setelah terakhir kali mendapatkan juara Rally Dakar pada tahun 1989, Honda akhirnya mendapatkan gelar itu kembali pada tahun 2020 saat event ini digelar di Arab Saudi untuk pertama kalinya. Ya walaupun nggak bisa dipungkiri Honda memang sempat vakum cukup lama di Rally Dakar. Kemudian Honda melakukan comeback pada tahun 2013 dan sejak saat itu pabrikan Jepang langsung berambisi menumbangkan dominasi KTM di ajang balap ini. Menariknya adalah Honda Racing Corporation (HRC) yang notabene divisi balap dari Honda ikut turun langsung. Jadi nggak heran kalau Honda langsung tampil cukup kompetitif dan sering merepotkan KTM. Sejak tahun 2013 yang lalu Honda sudah sering meraih kemenangan stage, namun puncak prestasi sebelum meraih gelar juara pada tahun 2020 lewat Ricky Brabec adalah meraih posisi runner up pada tahun 2015 dan 2018 melalui dua pembalap andalan Paulo Goncalves dan Kevin Benavides.

Nah, kemenangan Ricky Brabec di ajang balap Dakar 2020 pastinya nggak terlepas dari performa motor Honda CRF450 RALLY. Dari tahun 2013 sampai dengan 2020, CRF450 RALLY terus berkembang menjadi motor yang nggak cuma powerful tapi juga sangat reliable. Buktinya tahun ini nggak cuma Ricky Brabec yang perform sangat baik. Pembalap lain seperti Jose Ignacio Cornejo sempat mendapatkan dua kali kemenangan stage, kemudian Joan Barreda dan Kevin Benavides sempat sekali meraih kemenangan stage. Secara total dari 12 stage yang diperlombakan tahun 2020, Honda mendapatkan kemenangan sebanyak enam stage. Itu belum termasuk dua stage di mana posisi podium pertama sampai ketiga semuanya diborong oleh pembalap Honda!

Ngomong-ngomong soal mesin, CRF450 RALLY yang sekarang sudah jauh berbeda dibandingkan dengan CRF450 RALLY pada tahun 2013. Kalau dulu CRF450 RALLY dibangun dari basis mesin tua yang menggunakan sistem Unicam, motor sekarang pakai mesin DOHC 449 cc yang diambil dari basis motor motocross CRF450R. Tapi tentu saja mesin ini di-tweak ulang agar cocok dipakai di lintasan rally. Tapi karena ini motor prototype, spesifikasi detail dan jeroan mesin sangat dirahasiakan. Satu hal yang pasti, CRF450 RALLY sanggup memuntahkan tenaga lebih dari 60 HP dan untuk pelumasan pakai oli Motul 300V. Mesin ini dipadu dengan transmisi manual 6-percepatan dan konon katanya sanggup melesat dengan kecepatan lebih dari 180 km/jam. Kalian bisa bayangin nggak geber motor di lintasan offroad dengan kecepatan sekencang itu? Heuheu…

Selain mesin yang sophisticated, banyak komponen-komponen eksotis yang terpasang di CRF450 RALLY. Suspensi baik depan maupun belakang dibuat oleh Showa. Khusus suspensi depan menggunakan tipe upside down berdiameter 51 mm. Gede banget! Lalu suspensi belakangnya bertipe single tube dengan diameter 50 mm lengkap dengan mekanisme Pro-Link khas Honda. Kenapa kok pakai tabung gede? Soalnya bobot motor rally itu lumayan berat, tapi para rider sangat lazim melakukan aksi jumping dengan ketinggian di luar nalar sehingga butuh suspensi yang besar dan kuat.

Lanjut ke bagian sasis, Honda menyematkan sasis dari bahan aluminium dengan model twin spar di CRF450 RALLY plus sub-frame dari bahan serat karbon. Nggak cuma itu, standar samping motor ini pun terbuat dari bahan serat karbon karena Honda ingin membuat motor seenteng mungkin. Tower navigasi yang menjadi salah satu bagian terpenting pada motor rally tentu saja dibuat dari bahan karbon. Selain itu masih banyak bagian-bagian motor yang pakai bahan serat karbon. Benar-benar eksotis dan mahal! Lantaran balap rally biasanya menempuh jarak yang sangat panjang, Honda memasang tangki bahan bakar berkapasitas 33,7 liter yang terbagi posisinya di bagian depan dan belakang. Oh ya, baik tangki depan maupun tangki belakang terbuat dari bahan plastik yang kuat. Sprocket pakai merek Supersprox dan knalpot pakai buatan Termignoni. Selebihnya banyak rahasia yang terkandung di dalam jeroan motor…

Advertisements