Rieju Motos Bakal Produksi Bekas Motor Enduro GasGas

Sejak tahun lalu GasGas secara resmi dibeli oleh Pierer Mobility AG (KTM Group) sehingga otomatis GasGas yang baru di bawah naungan KTM Group menyuntik mati sejumlah produknya, termasuk deretan motor enduro, kemudian memproduksi motor baru yang dibangun dari basis produk KTM. Beberapa produk GasGas yang positif nggak diproduksi lagi oleh KTM Group antara lain GasGas EC 250/300, GasGas XC 250/300, Gas Gas EnduroGP 250/300, dan GasGas ECR 250/300. Terus gimana nasib motor-motor ini ke depan?

Beruntung sekali sesama brand motor asal Spanyol, Rieju Motos, telah menjalin kesepakatan untuk tetap memproduksi motor-motor enduro yang sebelumnya diproduksi, dikembangkan, dan dipasarkan oleh GasGas. Nggak cuma satu atau dua tipe motor, tapi semua motor enduro 2-tak GasGas, mulai dari tipe EC, XC, EnduroGP, sampai dengan motor enduro entry level dengan tipe ECR. Basis mesin, sasis, desain, dan berbagai macam properti intelektual motor-motor tersebut secara resmi telah dibeli oleh Rieju. Menurut rencana Rieju akan memproduksi EC 250/300, XC 250/300, EnduroGP 250/300, dan ECR 250/300 sebagai motor model year 2021 dengan merek Rieju dalam waktu dekat dan motor direncanakan sudah tersedia di dealer-dealer Rieju mulai Juni 2020.

Motor-motor enduro buatan GasGas di masa lampau sebenarnya bukanlah motor yang buruk. Sejumlah pembalap enduro top dunia pernah menggunakan motor ini, sebut saja Christophe Nambotin, Antoine Basset, Jonathan Barragan, Danny McCanney dan Alex Snow sempat mencatatkan prestasi baik di kejuaraan tingkat nasional maupun dunia. Tapi sejumlah upaya yang dilakukan oleh GasGas ternyata gagal mendongkrak angka penjualan sehingga membuat brand motor yang berbasis di Girona – Spanyol ini mengalami masa-masa sulit. Sekarang di bawah naungan KTM Group, GasGas punya masa depan yang lumayan cerah. Tinggal kita lihat apakah motor-motor enduro ex GasGas punya masa depan yang cerah juga atau nggak di bawah naungan Rieju.

Advertisements