• Home »
  • Article »
  • Pembalap Rally Luciano Benavides Pindah dari Red Bull KTM ke Rockstar Husky

Pembalap Rally Luciano Benavides Pindah dari Red Bull KTM ke Rockstar Husky

Mas bro… Ajang balap rally memang cukup unik. Saat di ajang balap lain kontrak para pembalap bakal berakhir pada akhir tahun, kontrak pembalap rally biasanya justru berakhir setelah balapan Rally Dakar. Kenapa? Karena Rally Dakar dianggap sebagai medan perang paling bergengsi di ajang balap ini, sedangkan kompetisi Rally Dakar sendiri lazimnya digelar pada awal sampai dengan pertengahan bulan Januari setiap tahunnya. Maka nggak heran kalau perombakan pembalap dalam sebuah tim balap rally dilakukan setelah Rally Dakar selesai.

Baru-baru ini sudah ada satu tim balap besar, Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, yang mengumumkan lineup pembalap baru. Rekrutan baru Rockstar Husky adalah Luciano Benavides yang sebelumnya bernaung di tim Red Bull KTM Factory Racing. Menurut rilis resmi dari Husky, Luciano Benavides akan bertandem dengan rider kawakan yang selama ini tidak tergoyahkan di Rockstar Husky, yaitu Pablo Quintanilla. Satu hal yang menarik adalah Rockstar Husky tidak menambah jumlah pembalap dalam satu tim untuk musim 2020, sehingga otomatis Andrew Short yang sebelumnya menjadi rekan Pablo Quintanilla harus terdepak dari tim ini.

Ngomong-ngomong soal Luciano Benavides, doi tergolong sebagai pembalap yang fenomenal. Di usia yang masih sangat muda adik dari Kevin Benavides (Monster Energy Honda Team) ini sudah mampu menarik minat KTM. Pada tahun 2018 Luciano menjadi bagian dari tim KTM Factory Racing, satu tim dengan pembalap wanita Laia Sanz. Prestasi Luciano di tim lapis kedua KTM ini tergolong baik lantaran berhasil menempati posisi kedelapan Rally Dakar 2019. Pada tahun 2019 Luciano dipromosikan ke tim utama Red Bull KTM Factory Racing bersama dengan pembalap-pembalap top seperti Toby Price, Matthias Walkner dan Sam Sunderland. Prestasi Luciano semakin moncer dengan meraih gelar juara FIM Junior Cross-Country Rallies World Championship 2019 sekaligus meraih posisi keenam pada Rally Dakar 2020 yang lalu.

Seperti biasanya, KTM membagikan pembalap-pembalap handal didikannya tidak hanya untuk berada di tim Red Bull KTM Factory Racing, tapi juga tim-tim balap lain di bawah naungan KTM Group seperti Husqvarna dan GasGas. Sekarang pembalap berusia 24 tahun ini dikontrak dalam durasi yang cukup lama di tim Rockstar Husky. Luciano akan berada di tim putih sampai dengan akhir tahun 2022. Rencananya sepanjang tahun 2020 sampai dengan 2022 Luciano bakal membalap di ajang FIM Cross-Country Rallies World Championship dan Rally Dakar, termasuk Rally Dakar 2022. Rencananya debut Luciano Benavides bersama dengan Rockstar Husky dilakukan pada 20-26 Maret 2020 di Abu Dhabi Dessert Challenge yang menjadi seri perdana FIM Cross-Country Rallies World Championship 2020. Tapi kayaknya rencana itu gagal karena merebaknya virus Corona (COVID-19) yang membuat event Abu Dhabi Dessert Challenge ditunda.

Advertisements