• Home »
  • Article »
  • Dampak Virus Corona: Pabrik KTM, Husky, dan GasGas Berhenti Produksi

Dampak Virus Corona: Pabrik KTM, Husky, dan GasGas Berhenti Produksi

Mas bro… Virus Corona alias COVID-19 memang sangat luar biasa dampaknya di semua sektor, nggak terkecuali industri sepeda motor. Banyak sekali ajang balap motor yang ditunda sementara atau malah dibatalkan akibat mewabahnya virus COVID-19. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Pierer Mobility AG yang menjadi induk bagi tiga brand motor: KTM, Husqvarna, dan GasGas bakal menghentikan sementara semua kegiatan produksi dalam beberapa waktu ke depan. Kapan?

Rencananya pabrik milik KTM Group yang berada di Mattighoffen, Austria, bakal ditutup sementara waktu mulai 30 Maret sampai dengan 10 April 2020. Pabri suspensi WP yang berada tidak jauh dari kompleks pabrik KTM Group juga sepertinya akan dilakukan penutupan sementara. Maklum, WP merupakan suplier tunggal produk-produk KTM, Husqvarna, dan GasGas serta sekaligus menjadi bagian dari KTM Group. Jadi nggak heran kalau saat pabrik KTM Group ditutup, pabrik WP juga mengalami hal serupa.

Alasan utama dibalik penutupan sementara pabrik adalah agar tidak terjadi penularan virus antar karyawan yang bekerja di Mattighoffen. Selain itu memang ada alasan lain kenapa pabrik KTM Group mesti berhenti beroperasi sementara waktu, yaitu lantaran suplai komponen dan bahan-bahan mentah untuk memproduksi motor dari vendor-vendor mulai seret akibat virus Corona ini. Bukan rahasia lagi kebanyakan komponen dan bahan mentah untuk memproduksi motor KTM Group didatangkan dari China dan Italia. Padahal kedua negara tersebut tergolong sebagai negara-negara yang terkena dampak paling parah dari virus Corona. Tapi kabar bagusnya suplai motor-motor KTM Group ke sejumlah importir di seluruh dunia tidak akan terkena dampak dalam waktu dekat karena produksi motor untuk satu musim ke depan sudah diselesaikan!

Advertisements