Monster Energy Yamaha Rally Team Rekrut Andrew Short & Ross Branch

Setelah ada pengumuman Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing merekrut pembalap muda Luciano Benavides untuk ajang balap rally, ada pertanyaan besar mengenai ke mana perginya Andrew Short yang nggak dipakai lagi jasanya oleh Husky. Sekarang pertanyaan besar tersebut terjawab dengan jelas karena Monster Energy Yamaha Rally Official Team sudah memberikan pengumuman bahwa mereka merekrut dua pembalap baru sekaligus, yaitu Andrew Short dan Ross Branch!

Yamaha bisa dibilang menjadi tim kedua bagi Andrew Short di ajang balap rally. Sebelumnya pria asal Amerika Serikat ini lebih banyak menghabiskan karir di ajang balap Motocross dan Supercross. Pada tahun 2017 doi mulai menekuni balap rally, kemudian pada tahun 2018 pertama kali ikutan balap Rally Dakar bareng tim Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing. Sampai saat ini Short telah menyelesaikan tiga kali balapan Dakar dengan pencapaian yang terus mengalami peningkatan. Untuk balap FIM Cross-Country Rallies World Championship, prestasi terbaik Short adalah finish posisi kedua Silk Way Rally 2019 dan menjadi juara Rally Du Maroc 2019.

“Aku sangat bersemangat bisa bergabung dengan Monster Energy Yamaha Rally Official Team. Aku menantikan bekerja dengan sekumpulan orang-orang baru dan brand yang telah banyak mendapatkan kesuksesan di ajang balap rally pada masa lampau. Aku tahu semua orang di dalam tim akan mendorongku untuk meningkatkan diri dan mendapatkan hasil lebih bagus. Target utamaku adalah (juara) Dakar 2021, tapi antara sekarang sampai dengan saat itu tiba kami harap bisa membalap lebih banyak dan menyelesaikan berbagai persiapan dengan baik,” ujar Short.

Selain merekrut Andrew Short, Yamaha juga mengontrak Ross Branch yang cukup fenomenal pada Rally Dakar 2020 yang lalu. Ross Branch selama ini memang hanya membalap di tim satelit dengan debut perdana Rally Dakar pada tahun 2019. Namun potensi pembalap asal Botswana sudah terlihat pada debutnya dengan menempati posisi ke-13 klasemen akhir. Saat Dakar 2020 yang lalu doi kembali mampu mengejutkan semua orang dengan menjadi pembalap terkencang pada stage 2 dan mampu empat kali lagi masuk ke posisi 10 besar pada stage-stage berikutnya meskipun membalap dalam kondisi cidera kaki.

“Bergabung dengan Monster Energy Yamaha Rally Official Team seperti mimpi yang jadi kenyataan buatku. Untuk menjadi bagian dari tim balap rally pabrikan resmi seperti ini aku harus berjuang keras selama beberapa tahun terakhir. Mendapatkan peluang bekerja sama dengan tim yang fokus membalap di Dakar dan kejuaraan rally dunia tentu luar biasa buatku. Aku ingin berkembang sebagai pembalap dan aku yakin punya kecepatan untuk mendapatkan hasil lebih baik,” kata Ross Branch.

Baik Andrew Short maupun Ross Branch rencananya akan menjalani debut balap perdana dengan Yamaha pada seri perdana FIM Cross-Country Rallies World Championship 2020 di Abu Dhabi Dessert Challenge pada 20-26 Maret 2020. Namun rencana ini batal karena mewabahnya virus COVID-19 di berbagai belahan dunia yang membuat event Abu Dhabi Dessert Challenge ditunda. Target debut berikutnya adalah Rally Kazakhstan pada 24-29 Mei 2020. Oh ya, setelah pengumuman Yamaha merekrut Andrew Short dan Ross Branch ini belum diketahui bagaimana nasib tiga pembalap Yamaha yang lain. Apakah Yamaha mempertahankan Adrien Van Beveren, Xavier de Soultrait, dan Franco Caimi atau malah mendepak salah satu, dua, atau malah mendepak semuanya masih belum ada informasi yang cukup gamblang.

Advertisements