• Home »
  • Article »
  • Viar Punya Prototipe Cross X 150 Bertampang Jadul, Bakal Diproduksi Massal?

Viar Punya Prototipe Cross X 150 Bertampang Jadul, Bakal Diproduksi Massal?

Mas bro… Cukup lama saya nggak menulis artikel tentang brand motor lokal yang berbasis di Semarang, yaitu Viar Motor Indonesia. Kenapa? Karena belakangan ini Viar sepertinya cukup adem ayem di segmen motor trail maupun motor adventure. Nggak ada kabar perilisan produk baru maupun update dari produk-produk yang sudah ada. Beda dengan beberapa tahun sebelumnya di mana Viar sangat agresif di segmen motor trail dengan peluncuran banyak produk baru hingga mengadakan berbagai macam event yang lumayan gede. Tapi tenang, baru-baru ini ada pergerakan dari Viar yang cukup layak untuk dipelototin. Apa itu?

Konon kabarnya Viar udah punya prototipe motor trail dengan tampang jadul yang menggunakan mesin berkapasitas 150 cc. Ya boleh dibilang ini adalah Cross X 150 versi retro/classic. Dari sejumlah gambar yang beredar, terlihat bentuk mesin dan sasis bisa dipastikan identik dengan Cross X 150. Suspensi pun dipastikan sama karena suspensi belakangnya mono shock sedangkan suspensi depannya model upside down. Ban dan velg yang digunakan pun identik antara Cross X 150 standar dengan Cross X 150 versi jadul. Terus apa yang beda? Tentunya styling alias bodywork-nya. Cross X 150 versi jadul menurut saya punya gaya seperti motor trail era tahun 80-90an. Asli kelihatan jadul banget bentuk headlight dan body sampingnya, belum lagi tangki besi yang menggembung besar dan jok super tebal yang pasti sangat nyaman dan empuk buat boncengan sekalipun! Di bagian belakang jok masih tetap ada rak mungil untuk menaruh barang bawaan yang ukurannya kecil. Ya saat adventure bisa lah buat taruh tas kecil berisi tools kit atau minuman. Karena ini tergolong sebagai motor dual sport yang legal digunakan di jalan raya, maka jangan heran kalau di sana terpasang lengkap lampu-lampu sein, lampu belakang, lampu depan, spakbor, dan lain-lain yang semuanya bergaya jadul. Semua paket ini semakin terlihat manis ketika motor dilabur dengan warna dominan merah dan putih lengkap dengan nomor start “150” yang menandakan motor ini menggunakan mesin 150 cc.

Overall paket motor prototipe Cross X 150 bertampang jadul ini menurut saya sangat keren dan sangat layak untuk diproduksi massal. Apalagi sekarang lumayan ngetrend loh motor trail dengan gaya jadul. Orang-orang pecinta off-road adventure biasa menyebutnya dengan jadulan. Mereka biasa merakit sendiri di bengkel-bengkel terdekat. Tapi nggak ada salahnya kan kalau pabrikan membuat motor trail jadul langsung dari pabrik? Sayangnya masih belum ada informasi apakah Cross X 150 jadul ini bakal diproduksi massal atau nggak? Kalaupun bisa dibeli, belum bisa dipastikan juga apakah langsung diproduksi pabrik atau sekedar custom di tingkat dealer. Denger-denger kalau diproduksi harganya sekitar Rp 18 jutaan.

Kalau saya sih berharap Viar memberikan gebrakan dengan memproduksi massal sekalian Cross X 150 bertampang jadul ini. Syukur nggak cuma berhenti di kelas 150, tapi juga sekalian produksi yang 200 cc dengan ukuran ban yang lebih besar. Maklum, baik Cross X 150 standar maupun Cross X 150 jadul ini pakai ban ring 16-19 inch. Kayaknya bakal lebih sangar kalau pakai ban dengan ring 18-21 inch ya! Gimana temen-temen, kira-kira tertarik nggak kalau Viar memproduksi motor trail jadul?

Advertisements