Nasional

Hakim Tolak Praperadilan Napoleon, Bareskrim Polri Lanjutkan Penyidikan Red Notice Djoko Tjandra

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilan Irjen Napoleon. Terkait hal itu, Bareskrim Polri bakal kembali melanjutkan penyidikan terhadap mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri itu. Napoleon terjerat dugaan kasus suap penghapusan red notice Interpol Djoko Tjandra.

"Penyidikan berlanjut, lanjut lagi seperti biasa. Lanjut lagi, melanjutkan yang sudah ada," ucap tim hukum Bareskrim Polri Kombes Widodo ditemui usai menghadiri sidang praperadilan, di PN Jakarta Selatan, Selasa (6/10/2020). Irjen Napoleon diketahui ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri atas kasus penghapusan red notice Interpol Djoko Tjandra. Kemudian Napoleon mengajukan gugatan praperadilan terkait penetapan tersangka dirinya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Persidangan praperadilan lalu digelar pada Senin (28/9) dengan agenda pembacaan dalil gugatan, dilanjutkan Selasa (29/9) dengan agenda mendengar jawaban Termohon dalam hal ini Bareskrim Polri terhadap dalil gugatan Napoleon. Pada Rabu (30/9) sidang kembali digelar dengan agenda mendengarkan keterangan saksi yang diajukan pihak Pemohon. Emudian pada Kamis (1/10) sidang berlanjut dengan agenda mendengar keterangan saksi Pemohon dan Termohon namun ditutup karena saksi kedua belah pihak tidak hadir.

Sementara pada Jumat (2/10), sidang beragendakan penyampaian kesimpulan atas perjalanan proses sidang dari pihak Pemohon dan Termohon. Hari ini (6/10) agenda sidang membacakan putusan gugatan praperadilan yang diajukan Pemohon. Dalam putusannya, Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak seluruh dalil gugatan praperadilan mantan Kadiv Hubinter Polri Irjen Napoleon Bonaparte. Hakim ketua Suharno mengatakan Bareskrim Polri sudah sesuai prosedur dalam penetapan tersangka terhadap Napoleon.

"Majelis hakim sudah meneliti, menelaah fakta fakta hukum yang ada, sehingga hasilnya tadi disampaikan menolak. Penyidikan lanjut lagi seperti biasa," ucap Widodo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *