Otomotif

Ingin Percepat Akselerasi Motor Matic? Nih, Solusinya

Bila sepeda motor jenis bebek menggunakan rantai untuk menghasilkan tenaga yang akan disalurkan ke roda belakang, lain hal matic yang dibantu dengan menggunakan peranti transmisi Continously Variable Transmission (CVT). Dimana peranti ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk semua jenis motor matic.

Nah, jika Anda menginginkan akselerasi matic Anda dapat melaju dengan kencang, diperlukan perawatan yang rutin dan ada beberapa peranti yang harus diperhatikan.

Salah satu peranti yang harus diperhatikan dan juga mempunya peranan penting yang tersemat didalam CVT yaitu roller dan belt.

Pasalnya, bila akselerasi rendah atau lambat, motor menjadi boros bahan bakar, pergerakan tidak lincah, dan sulit diajak bermanuver. Sebab, motor yang akselerasinya berat membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar.

1. Roller

Untuk dapat meningkatkan akselerasi yang tinggi, sangat disarankan menggunakan roller yang berbobot ringan. Bila berat standar roller yang digunakan adalah 15 gram, maka gunakan roller yang berbobot 13 gram.

Dimana roller itu sendiri mempunyai fungsi untuk memberikan tekanan keluar pada variator sehingga komponen itu dapat membuka atau memberikan perubahan lingkar diameter yang lebih besar kepada belt drive.

Seiring dengan perubahan lingkar diameter itu, belt akan menggerakkan pulley belakang dan depan. Sebab, kedua pulley saling berhubungan dengan menggunakan belt.

2. Bersihkan sistem CVT

Bersihkan semua komponen utama peranti itu dari kotoran, air, cipratan oli. Sebab, berbagai unsur itu bisa masuk ke sistem CVT celah sirkulasi udara. Bila CVT kotor, selain berisik juga menyebabkan belt mudah slip, pulley dan roller juga tidak akan bekerja secara maksimal

Sebaiknya, bersihkan roller secara rutin dengan menggunakan bensin dan kuas. Selain itu, berikan pelumas, yaitu grease khusus CVT.

Selain itu, periksa kondisi roller apakah masih bagus. Bila peranti itu telah berubah bentuk (peyang) maka sebaiknya diganti. Sebab, roller yang aus tidak akan berfungsi secara maksimal.

Demikian informasi singkat tentang motor matic. Semoga informasi ini bermanfaat untuk semua para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *