Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 SD Halaman 43 44 45 46 47 48 49 Subtema 1 Pembelajaran 5 Buku Tematik

Inilah soal dan kunci jawaban Tema 7 untuk kelas 2 SD/MI subtema 1 pembelajaran 3 halaman 25, 26, 27, 28, 30, 31, 32, dan 33 buku tematik mengenai Kebersamaan di Rumah. Sejumlah soal ada dalam buku Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas 2 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 halaman 25 sampai 33. Ada empat subtema dalam buku tematik Kelas 2 SD Tema 7 yang berjudul Kebersamaan.

Pada subtema 1, siswa kelas 2 SD akan belajar mengenai Kebersamaan di Rumah. Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 2 SD/MI dalam buku tematik tema 7 subtema 1. Amatilah gambar kegiatan Siti berikut!

Di rumah Siti sedang diadakan acara silaturahmi keluarga. Silaturahmi keluarga diadakan setiap bulan. Suasana silaturahmi menandakan kebersamaan dalam keluarga.

Semua hidup rukun. Siti membantu Ibu menyiapkan kue. Ibu membuat kue puding.

Ibu mencetak kue dengan ukuran kecil. Ada yang diberi warna cokelat. Ada yang berwarna putih.

Ada yang diberi warna hijau. Ada yang diberi warna merah. Semua menggunakan pewarna alami.

Anak anak bermain sambil menikmati kue puding. Mereka bergembira mendengarkan cerita teman. Ayo, cari tahu warna kesukaan Siti dan teman temannya!

Siti suka warna hijau Ali suka warna cokelat 1. Warna apakah yang paling banyak disukai siswa di kelasmu? ________________

2. Warna apakah yang paling sedikit disukai siswa di kelasmu? ________________ 3. Apakah kamu dapat menemukan warna lain yang tidak disebutkan pada tabel? ________________ 1. Warna yang paling banyak disukai siswa di kelasku adalah warna yang lain.

2. Warna apakah yang paling sedikit disukai siswa di kelasku adalah warna putih. 3. Ya, saya dapat menemukan warna lain yang tidak disebutkan pada tabel, yaitu warna biru, oranye, dan ungu. Sambil menikmati kue puding, Siti dan saudaranya bertukar cerita.

Siti dengan antusias menceritakan dongeng "Ular dan Tikus". Siti mendapat cerita tersebut dari Ali. Ceritakan kembali dongeng fabel "Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan" secara bergantian di depan kelas!

Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan Di sebuah gurun pasir, hiduplah Ular dan Tikus pasir. Ular melihat Tikus dengan lahap sedangkan makan. Sementara Ular justru kelaparan. Pada suatu hari, ketika Tikus sedang tertidur di sarangnya, Ular mengendap endap ingin memangsanya. Ketika Ular akan memangsanya, Tikus berkata bahwa apabila Ular memakannya maka Ular tidak akan mempunyai teman yang diajak mencari makan lagi.

Ular berpikir bahwa perkataan Tikus benar. Ia akan mati karena hidup sendiri dan tidak mempunyai teman yang diajaknya mencari makan. Ular kemudian meminta maaf. Tikus dan Ular pun mencari makan bersama sama. 1. Mengapa sang Ular ingin memangsa Tikus? Ular ingin memangsa Tikus karena ia sangat lapar, sedangkan Tikus makan dengan lahap.

2. Tikus berbicara kepada Ular, jika ingin makan dirinya maka yang harus dilakukan adalah … Jika ingin makan, Ular harus pergi mencari makan. 3. Ular tidak jadi memakan Tikus karena mereka berdua tidak bisa …

Ular tidak jadi memakan Tikus karena mereka berdua tidak bisa hidup sendiri 4. Ular meminta maaf kepada Tikus, apakah Tikus memaafkan sang Ular? Ya, Tikus memaafkan sang Ular.

5. Setelah Ular dan Tikus hidup bersama, apakah yang mereka lakukan bersama? Setelah Ular dan Tikus hidup bersama, mereka mencari makan bersama sama. Puding dipotong menjadi 3 bagian sama besar.

Potongan dapat dinyatakan dengan pecahan sepertiga. Terdapat tiga potongan sama besar. Masing masing potongan = 1/3 bagian. Ada potongan sebanyak 3 buah

Puding di samping dipotong menjadi 3 bagian. Apakah masing masing 1/3 potong bagian? Tuliskan hasil diskusimu dengan teman sebangku! Puding yang dibagi 3 menjadi bagian 3 yang sama besar. Maka masing masing potongan puding besarnya adalah 1/3.

1. Siti memotong kertas menjadi tiga bagian sama besar. Setiap bagian disebut ____ bagian. 1/3

2. Sebuah kue dipotong menjadi 3 bagian. Setiap bagian sebesar 1/3. Masing masing potongan harus ____ Sama besar

3. Siti ingin membagi sebuah kue. Masing masing bagian sebesar 1/3. Maka kue tersebut dibagi menjadi ___ bagian sama besar.

Diskusikan dengan teman sebangku, bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki warna kesukaan yang berbeda? Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas! Sikapku terhadap teman yang memiliki warna kesukaan yang berbeda adalah tetap menghargai warna kesukaan masing masing. Juga tidak memaksakan warna yang kita suka kepada teman.

1. Siti menyukai puding warna hijau. Sikap Siti terhadap Dayu yang menyukai puding warna cokelat adalah … ) mengejek ( ) menghormati ( ) bertengkar 2. Siti dan Dayu menyukai puding yang berbeda, maka mereka harus …

) mengolok ( ) menghormati ( ) rukun 3. Siti memiliki kue. Siti membagi kue tersebut menjadi tiga bagian sama besar. Kemudian, Siti membagi bagian kepada Dayu dan bagian diberikan kepada Edo. Siti menunjukkan sikap … ) adil ( ) angkuh ( ) dengki

4. Siti dan keluarganya selalu tolong menolong. Mereka tidak pernah bertengkar. Mereka saling menyayangi. Siti dan keluarganya selalu … ) hidup mewah ( ) hidup rukun ( ) hidup ramai 1. (v) menghormati

2. (v) menghormati 3. (v) adil 4. (v) hidup rukun

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya. Pada hari Minggu, Ali beserta keluarga pergi ke rumah kakek. Rumah kakek berada di desa.

Di dekat sawah kakek terdapat sungai. Ali memiliki teman teman di lingkungan rumah kakek. Ali bertemu dengan teman temannya.

Ali dan teman temannya bermain di sungai. Mereka bermain kucing dan tikus. Sebelum permainan tentukan anak yang berperen sebagai kucing dan tikus.

Anak yang lainnya berperan sebagai pagar. Anak anak yang berperan sebagai pagar saling bergandengan tangan membentuk lingkaran. Pagar menghalangi kucing mengejar tikus, tetapi membiarkan tikus keluar masuk pagar.

Permainan ini dilanjutkan dimana pemeran kucing dan tikus dimainkan oleh siswa yang berbeda dan saling bergiliran. Ayo, lakukan gerakan berlari dalam air! Mulailah dengan berjalan jalan di air untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan air.

Kepalkan kedua tangan dan biarkan gerakan kaki mendorong tubuh ke depan. Setelah terbiasa berjalan di air, mulailah ambil langkah pendek dan agak cepat. Tingkatkan kecepatan berjalan secara perlahan sampai kamu mencoba lari di air.

Setelah bermain di sungai, Ali dan teman temannya duduk di pematang sawah. Mereka bercerita sambil memandangi sekelompok bebek yang sedang digembala pemiliknya. Bacalah dongeng fabel berikut ini di depan kelasmu!

Bebek tidak pernah terpisah satu sama lain. Mereka pergi bersama sama sepanjang hari dengan mengikuti satu pemimpin. Mereka terkenal sebagai makhluk yang paling rukun. Meskipun bebek sangat berisik, tidak sekalipun mereka pernah bertengkar. Cerpelai, hewan pemangsa, melihat begitu kompaknya kaum bebek. Awalnya ia kagum, tetapi kemudian muncul niat jahat dalam hatinya. "Aku akan mengadu domba mereka. Pasti ada bebek yang bisa dijadikan sebagai sumber masalah," gumam Cerpelai seraya menyeringai jahat.

Mulai hari itu, Cerpelai gencar mendatangi bebek yang agak terpisah dengan kawanannya. Dia mulai menghasut bebek itu untuk membenci kawanannya. "Lihat pemimpinmu itu, dia hanya membodohi kalian agar mau mengikutinya. Pergilah dari kawanan atau kau akan menjadi budak pemimpinmu selamanya," ujar Cerpelai yang pandai menghasut. Namun rupanya sia sia. Bebek itu tidak mau mendengar perkataan Cerpelai. Kemudian Cerpelai mencari bebek lain dan mengatakan hal yang sama. Akan tetapi lagi lagi perkataan Cerpelai tidak dihiraukan. Begitu terus, hingga tak terasa sudah semua bebek ia datangi. Namun, tidak ada satu pun yang berhasil ia hasut. Cerpelai sudah sangat kelelahan karena sudah berjalan ke sana kemari dan terlalu banyak bicara.

"Hahaha… Cerpelai… Cerpelai…. Kau tidak akan bisa membuat kaum bebek saling bertengkar, karena kami saling mempercayai satu sama lain," ucap salah satu bebek yang dihasut oleh Cerpelai. Cerpelai sangat malu. Dia tidak menyangka para bebek begitu kompak. Dia pun pergi dari permukiman bebek dan tidak pernah kembali lagi ke sana karena malu. Memang benar jika ada yang mengatakan bahwa kaum bebek adalah kawanan yang paling rukun sedunia. Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut berkaitan dengan dongeng "Bebek Selalu Hidup Rukun"!

1. Siapakah tokoh dalam cerita "Bebek Selalu Hidup Rukun"? ____________________________________________ 2. Cerpelai ingin membuktikan bahwa Bebek adalah …

____________________________________________ 3. Cerpelai menghasut Bebek agar meninggalkan … ____________________________________________

4. Bebek tidak mau bertengkar karena mereka … ____________________________________________ 5. Cerpelai tidak menyangka jika Bebek begitu …

____________________________________________ 6. Cerpelai tidak pernah pergi ke permukiman bebek karena … ____________________________________________

1. Tokoh dalam cerita "Bebek Selalu Hidup Rukun" adalah bebek dan cerpelai. 2. Cerpelai ingin membuktikan bahwa Bebek adalah makhluk yang paling rukun. 3. Cerpelai menghasut Bebek agar meninggalkan kawanannya.

4. Bebek tidak mau bertengkar karena mereka saling mempercayai satu sama lain. 5. Cerpelai tidak menyangka jika Bebek begitu kompak 6. Cerpelai tidak pernah pergi ke permukiman bebek karena malu.

Ali bersama teman temannya memiliki kegiatan yang digemari, yaitu bermain di sungai. Mereka sering bercerita seusai bermain. Tulislah kegiatan yang digemari dari teman temanmu di sekolah! Kegiatan yang digemari dari teman teman di sekolah:

Bermain lompat tali Bermain sepakbola Bermain kasti

Membaca buku di perpustakaan Menyiram tanaman di sekolah Makan bakso di kantin

Menggambar di kelas Kelompokkan teman temanmu berdasarkan kegiatan yang ia gemari! Tuliskan nama temanmu berdasarkan kegiatan yang digemari!

1. Bermain lompat tali Nama Siswa: Widya, Lala, Cici, Hanan 2. Bermain sepakbola

Nama Siswa: Bagas, Fahri, Aldi, Catur 3. Membaca buku di perpustakaan Nama Siswa: Denandra, Hamdan, Hani, Icha

4. Menyiram tanaman di sekolah Nama Siswa: Kaka, Fira, Dodi, Alika 5. Makan bakso di kantin

Nama Siswa: Bayu, Arfa, Lani, Denis Diskusikan dengan teman sebangku tentang sikap kamu terhadap teman yang memiliki kegiatan yang digemari berbeda! Tulislah hasil diskusimu!

Menurut saya kita harus menghargai dan menghormati teman yang memiliki kegemaran berbeda. Saya juga tidak memaksa teman untuk mengikuti kegiatan yang saya sukai. Menuliskan kegemaran anggota keluarga di rumah.

1. Ayah: Memberi makan burung 2. Ibu: Merajut 3. Kakak: Menggambar

4. Saya: Bermain game 5. Adik: Bermain bola Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *