ilustrasi ganti oli
Otomotif

Pentingnya Ganti Oli Mobil yang Jarang Dipakai

Ada mobil yang jarang-jarang digunakan alias banyak kongkow di garasi.

Beberapa mobil semacam ini biasanya jarak tempuhnya sedikit, tetapi bukan berarti tak perlu lakukan pergantian oli mesin.

Oli Mobil Penting Untuk Keadaan Mesin Mobil

Ada beberapa fungsi dari betapa pentingnya keadaan oli mobil yang sempurna dalam mesin, yakni:

  • Oli mobil penting untuk jaga temperatur mesin. Bila temperatur mesin tidak terjaga, karenanya bisa overheat dan membuat persoalan baru. Untuk itu, Anda selalu harus ganti oli mesin secara periodik dan teratur.
  • Oli mobil yang selalu diganti secara periodik bisa membantu mengirit bahan bakar mobil karena mesin bekerja secara baik serta lebih enteng. Kenapa demikian? Energi yang dibuat mesin mobil jadi lebih sedikit karena kerjanya terhitung enteng. Ini otomatis mengirit bahan bakar.
  • Oli mobil membuat elemen mesin lebih tahan lama karena semua sisi terlumasi secara baik . Sehingga, walaupun setiap elemen kerap bergesekan, kondisi mesin masih tahan lama.

Mobil dengan perawatan yang bagus tentu benar-benar membantu nilai jualnya kembali. Apa lagi jika seringkali lakukan pergantian oli mobil secara periodik . Sehingga dengan sering lakukan pergantian oli mobil, maka makin bagus juga kondisi mesin mobil. Pada akhirnya, nilai jual juga lebih bagus.

Peranan penting dari sering ganti oli mobil ialah membuat perlindungan mesin dari karat. Karat pada mesin umumnya ada karena gesekan yang terjadi antar elemen. Untungnya, dengan keadaan oli yang sering diganti sesuai jadwal, maka mesin akan terbebas dari karat.

Karena itu seharusnya jika tidak digunakan mobil itu harus rajin dipanasi setiap hari sekali.

Selain itu, pergantian oli dengan teratur masih harus dijalankan.

Jadi mobil yang jarang jalan atau mobil diam di garasi tetap harus lakukan penggantian oli dengan acuanĀ rata-rata per enam bulan

bila oli mesin telah berumur enam bulan karena itu harus diganti.

TANDA KAPAN ANDA PERLU MENGGANTI OLI MESIN MOBIL

Berkurangnya Kulitas Oli
Oli yang belum pernah digunakan umumnya memiliki warna jernih, lekat dan licin saat dipegang. Kebalikannya oli mesin yang telah digunakan, apa lagi telah berkilo-kilo mtr. akan alami pengubahan fungsi sebagai pelumas.

Selain berbeda warna jadi coklat kehitam-hitaman, oli mesin terlihat kotor dan menjadi kurang dapat melumasi secara baik.

Akselerasi Mesin Berat
Karena berkurangnya kualitas oli, karena itu gesekan antar elemen mesin jadi tinggi. Gesekan berikut yang mengakibatkan turunnya perform mesin. Saat Anda pijak pedal gas terasanya terlambat akselerasinya.

Getaran Mesin Tinggi
Selain akselerasi mesin yang turun, getaran mesin jadi tinggi. Ini sangat terasa saat mesin pada keadaan perputaran idle.

Suara Mesin Kasar
Mesin kendaraan saat dihidupkan bisa dideteksi secara visual. Lewat suara mesin yang ditimbulkan ini Anda bisa mengetahui kondisi mesin, tergolong saat oli mulai tua.

Selain memunculkan getaran yang tinggi, oli yang telah lama digunakan akan mengakibatkan suara mesin jadi kasar dan bising.

Tukar oli mobil harus dilaksanakan dengan teratur untuk menghindari kerusakan mesin lebih lanjut. Ketahui jika ada tiga jenis oli mobil yang perlu diganti dengan teratur. Mobil mempunyai 3 tipe oli yaitu oli transmisi (persneling), oli mesin dan oli gardan yang perlu diganti dengan teratur. Oli yang harus cepat diganti ialah oli mesin, selanjutnya oli transmisi dan paling akhir oli gardan.

sumber : muh-amin.com/kapan-ganti-oli-mesin-mobil/

auto2000.co.id/berita-dan-tips/batas-toleransi-telat-ganti-oli-mobil

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *